Bupati Resmikan Kantor Desa Terpadu Silip, Para Kades Diminta Buat Masterplan Desa

Bupati Bangka H Tarmizi Saat meresmikan Kantor Kepala Desa Silip, Kamis (1/2/2018) di lahan milik Desa Silip Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka.

Bupati Resmikan Kantor Desa Terpadu Silip, Para Kades Diminta Buat Masterplan Desa
Bangka Pos/ Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat didampingi Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi dan Kades Silip Sumanto dan undangan lainnya melakukan penguntingan pita ketika meresmikan Kantor Kepala Desa Sipil, Kamis (1/2/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat meresmikan Kantor Kepala Desa Silip, Kamis (1/2/2018) di lahan milik Desa Silip Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka.

Diakui Tarmizi, Desa Silip perkembangannya sangat cepat sehingga harus disikapi dengan persiapan diri yang matang.

Apalagi nantinya banyak pihak ketiga ataupun investor yang melakukan pembangunan di Desa Silip.

Untuk itu ia minta agar seluruh kades termasuk Kades Silip membuat masterplan desa sehingga sudah dipetakan lokasi pembangunan yang akan dilaksanakan.

"Seperti untuk kuburan yang mulai penuh lihat penambahan jumlah penduduk. Orang meninggal di Kabupaten Bangka bisa mencapai 1.200 sampai 1.400 per tahun. Masing-masing kades dianggarkan dana buat pagar kuburan, buat pengurusnya jangan sampai kuburan semak, diatur dengan rapi. Seperti di Desa Kemuja itu kuburan sekarang sudah ada di tengah desa karena jumlah penduduk bertambah. Ini harus dipikirkan," saran Tarmizi.

Menurutnya, Desa'>Kantor Desa Silip sebagai kantor terpadu dibuat front officenya, tertib administrasi desanya, arsipnya ditata dengan baik. Ini merupakan tugas sekretaris desa yang menjadi kepala kantor desa.

Pada kesempatan ini Tarmizi juga, mengingatkan agar para kades, kadus dan perangkat desa lainnya jangan sibuk berpolitik tetapi fokus pada bidang pemerintahan desa untuk memajukan desa.

"Bagus kantor kadesnya kita berharap bagus juga pelayanannya kepada masyarakat. Sebagus apapun kantor, kita sebagai pelayan masyarakat," kata Tarmizi.

Menurut Kades Silip, Sumanto, gedung baru kantor desa ini dibangun diatas tanah milik desa menggunakan APBD Kabupaten Bangka Tahun 2017. Luas Desa'>Kantor Desa Silip ini 6x14 meter persegi yang menelan dana sekitar Rp 200 juta.

"Disebelahnya balai desa. Kita namai Kantor Terpadu Desa Silip karena semua ada disini BPD, TPA, PAUD, posyandu, panggung keserasian yang dibangun kementerian sosial, pomas, TK negeri semua di sini makanya kantor kades pindah kesini dulu balai desa jadi Perkantoran Desa silip Terpadu Kecamatan Riau Silip," jelas Sumanto.

Nanti di dekat kantor Kades Silip Terpadu ini juga akan dibangun Sekretariat KDRT yang menangani masalah kekerasan dalam rumah tangga sehingga masyarakat yang mempunyai masalah rumah tangga bisa selesaikan dan dicarikan solusi terbaiknya.

"Alhamdulillah semua ini berkat siapa karena binaan Pak Bupati Pak Tarmizi beliau selalu memberi pembinaan yang baik kepada saya," ungkap Sumanto.

Peresmian Kantor Kades Silip ini dimeriahkan oleh penampilan Drum Band WPO SMAN 1 Riau Silip. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi, Anggota DPRD Bangka Fajarudin, Pimpinan Bank Sumsel Babel Sadikin Syamsumin, Pengurus APDESI Kabupaten Bangka Saiful Ahyar, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bangka dan undangan lainnya.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved