Kadis Pertanian Basel Sebut Program Resi Gudang Perlu Kajian

Kondisi perkebunan lada cukup berkembang dimasyarakat dari sisi luasan terus bertambah perbibitan yang di masyarakat tumbuh berkembang.

Kadis Pertanian Basel Sebut Program Resi Gudang Perlu Kajian
Bangka Pos / Riki Pratama
Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan bahwa Kondisi perkebunan lada cukup berkembang dimasyarakat dari sisi luasan terus bertambah perbibitan yang di masyarakat tumbuh berkembang.

Sementara menurutnya, untuk program masih dirasakan perlu kajian dari pihak Provinsi Babel karena belum memberikan kepastian harga.

"Kondisi perkebunan lada cukup berkembang dimasyarakat dari sisi luasan terus bertambah perbibitan yang di masyarakat juga tumbuh kembang,"jelas Suhadi kepada wartawan, Kamis (1/2/2018)

Suhadi menambahkan kalau dipetakan antara tanaman tua, tanaman mengalihkan dan tanaman belum menghasilkan proporsional dari sisi produksi.

"Memang belum bisa dikatakan maksimal karena memang masih rendah berkisar delapan sampai dengan 12 ons per rumpun dalam satu musim,"ujarnya

Ia menambahkan, untuk program Resi gudang masih dirasakan perlu kajian dari pihak Provinsi Babel karena belum memberikan kepastian harga.

"Untuk resi gudang sikap Pemkab Bangka Selatan masih perlu kajian lebih jauh pasalnya masih belum bisa memberikan kepastian harga yang optimal. Upaya kita adalah meningkatkan kualitas mutu produk melalui sistem budidaya yang efisien pengolahan pasca panen agar kriteria produk export bisa terpenuhi sehingga akan meningkatkan harga,"ujarnya

Karena, sambung Suhadi harga lada di tentukan harga pasar internasional dan mata rantai pemasaran cukup panjang hal ini juga berpengaruh terhadap harga dipetani.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help