Temukan Bom di Tengah Kota, Ribuan Warga Terpaksa Dievakuasi

Kepolisian Hong Kong menemukan bomsisa Perang Dunia II di sebuah lokasi konstruksi yang ada di tengah kota.

Temukan Bom di Tengah Kota, Ribuan Warga Terpaksa Dievakuasi
Petugas dari tim penjinak bom memeriksa bom yang ditemukan di lokasi konstruksi di Hong Kong, Rabu (31/1/2018).(SCMP) 

BANGKAPOS.COM - Kepolisian Hong Kong menemukan bomsisa Perang Dunia II di sebuah lokasi konstruksi yang ada di tengah kota. Memaksa dilakukannya evakuasi ribuan warga, Rabu (31/1/2018).

Polisi menutup kawasan ramai dan sibuk di distrik Wan Chai, serta menghentikan layanan feri di pelabuhan Victoria, sementara tim penjinak bom berupaya menggali dan menjinakkan bom tersebut.

Bom ditemukan di lokasi konstruksi di sepanjang pelabuhan. Penemuan ini menjadi yang kedua dalam sepekan terakhir.

Sebelumnya, tim penjinak bom telah berhasil mengamankan bahan peledak seberat 450 kilogram yang ditemukan di lokasi konstruksi yang sama, Sabtu (27/1/2018).

Lebih dari 4.000 warga harus dievakuasi dari gedung perkantoran, hotel, rumah warga, serta mengosongkan 40 sekolah di sekitar lokasi. Sejumlah restoran dan toko juga diliburkan.

Laporan polisi, dikutip media lokal, mengatakan bom yang ditemukan Rabu serupa dengan penemuan pertama. Namun, bom yang ditemukan kali ini dilaporkan dalam kondisi tidak stabil.

"Bom dalam kondisi berbahaya. Mekanisme peledakan sudah rusak parah dan posisi bom sulit diakses peralatan sehingga tidak dapat berfungsi maksimal," kata petugas pengeboran bom, Alick McWhirter dikutip SCMP.

Bom dan bahan peledak sisa masa perang yang gagal meledak kerap ditemukan di kota-kota di China selatan, yang menjadi lokasi pertempuran sengit antara pasukan sekutu Jepang dan Inggris pada 1941.

Pada 2014, kepolisian China juga telah menemukan dan berhasil menjinakkan bom sisa perang dengan berat hampir satu ton, tercatat sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help