15 Parpol di Kabupaten Bangka Lolos Verifikasi Faktual

KPUD Kabupaten Bangka menyerahkan berita acara hasil verifikasi faktual (verfak) 15 partai politik calon peserta pemilu 2019

15 Parpol di Kabupaten Bangka Lolos Verifikasi Faktual
ist
KPUD Bangka menyerahkan berita acara verifikasi faktual kepada 15 partai politik calon peserta pemilu 2019, Jumat (2/2/2018) di Ruang Serbaguna KPUD Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangka menyerahkan berita acara hasil verifikasi faktual (verfak) 15 partai politik calon peserta pemilu 2019, Jumat (2/2/2018) di Ruang Serbaguna KPUD Kabupaten Bangka.

Sebanyak 15 partai politik di Kabupaten Bangka pasca keputusan Mahkamah Agung (MA) sudah dilakukan verifikasi faktual, oleh KPUD Kabupaten Bangka.

Parpol yang sudah diverifikasi faktual yakni 12 parpol lama dan tiga parpol baru. Parpol lama yang diverfak yakni Demokrat, PPP, PAN, Golkar, PDIP, PKS, Nasdem, Hanura, Gerindra, PKPI, PKB, dan PBB. Sedangkan, parpol baru yakni Garuda, Berkarya dan Partai Solidaritas Indonesia.

Namun dalam penyerahan berita acara hasil verifikasi faktual tersebut tidak dihadiri oleh perwakilan dua parpol yakni Partai Golkar dan Berkarya.

Dijelaskan Ketua KPUD Kabupaten Bangka Zulkarnain bahwa keputusan akhir apakah partai politik bisa ikut pada pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019 ada pada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). "KPUD kabupaten/kota hanya membantu KPU RI dalam kegiatan verifikasi," jelas Zulkarnain.

Pada kesempatan ini Komisioner Bidang Hukum dan Pengawasan KPUD Bangka Harly Juniarsyah menyatakan bahwa 15 partai politik tersebut dinyatakan memenuhi syarat (MS).

"Untuk parpol lama sudah memenuhi syarat dan tiga parpol baru juga sudah memenuhi syarat," ungkap Harly Juniarsyah.

Diakuinya saat verfak dilakukan ada beberapa nama dalam pengurusan parpol yang tidak muncul di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Diaplikasinya ada persoalan teknis sudah memenuhi syarat tapi tidak muncul. Alhamdulillah selesai dan dinyatakan memenuhi syarat. Mohon maaf ketidaknyaman terkait data parpol. Setelah dimaintanance oleh pusat datanya masuk kembali. Untuk Gerindra dan Golkar tetap ada datanya," ungkap Harly Juniarsyah.

Sedangkan untuk ketewakilan perempuan di tingkat kabupaten/kota tidak disyaratkan 30 persen yang penting ada.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved