Bupati Minta IPAL Komunal Bisa Dimanfaatkan Seperti di Jawa Untuk Budidaya Lele

Limbah dari IPAL ini menurutnya bisa diolah kembali sehingga bisa dimanfaatkan. Dia mencontohkan di Jawa pengolahan limbah

Bupati Minta IPAL Komunal Bisa Dimanfaatkan Seperti di Jawa Untuk Budidaya Lele
bangkapos/nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menandatangani peresmian IPAL Komunal, Sabtu (3/2/2018) di RT 7 Dusun Taruna Setia Desa Pemali. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, Sabtu (3/2/2018) di RT 7 Dusun Taruna Setia Desa Pemali.

Tarmizi menilai keberadaan IPAL Komunal ini penting karena ada tempat pengolahan limbah warga yang bisa digunakan bersama-sama dimana pembuangan dari septi tank maupun air limbah rumah tangga bisa diolah di IPAL ini.

Limbah dari IPAL ini menurutnya bisa diolah kembali sehingga bisa dimanfaatkan. Dia mencontohkan di Jawa pengolahan limbah IPAL digunakan untuk memelihara lele.

"Kalau di Jawa dialirkan buat kolam untik budidaya lele. Lele dari IPAL komunal. Semua limbah bisa digunakan," ungkap Tarmizi.

Ia mengatakan dulu bapaknya mengatakan jarak antara WC dengan sumur harus 10 meter. Namun dengan keterbatasan lahan sekarang ini tidak bisa lagi sehingga program pemerintah membangun IPAL komunal secara terpadu ini agar masyarakat bisa mengolah air limbahnya.

Dia berpesan agar IPAL komunal yang sudah dibangun dengan dana pemerintah pusat ini dijaga dan dirawat oleh masyarakat.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help