Massa Mengamuk, Hari Ini Masa Demo di 3 Titik Kabupaten Bangka

Gejolak masa terjadi di tiga titik Kabupaten Bangka. Masa gabungan Kecamatan Belinyu dan Riausilip mengamuk

Massa Mengamuk, Hari Ini Masa Demo di 3 Titik Kabupaten Bangka
ist
Situasi anggota kepolisian saat Simulasi Kontijensi di Mapolres Bangka, Sabtu (3/2/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Gejolak masa terjadi di tiga titik Kabupaten Bangka. Massa gabungan Kecamatan Belinyu dan Riausilip mengamuk, demo di lokasi tambang ilegal (TI) di Sungai Perimping. Sementara Petani Koperasi Miranti Plasma Desa Mabat Kecamatan Bakam juga unjuk rasa di PT THEP. Pada saat yang sama, simpatisan dan timses paslon, demo di Kantor PPK Kecamatan Merawang, Sabtu (3/2/2018) Pagi.

Saat itulah alarm darurat tanda bahaya menyala. Polisi yang mendengar bunyi panggilan itu langsung berkumpul di Mapolres Bangka di Sungailiat. Wakapolres Bangka Kompol RM Rajadewa didampingi Kabag Ops Kompol S Sophian langsung memberikan pengarahan, sebelum menuju tiga titik kejadian. Namun, semua ini hanyalah sebuah simulasi rayonisasi untuk situasi kontijensi di Wilayah Hukum Polres Banga.

Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun diwakili Wakapolres Kompol RM Rajadewa kepada Bangka Pos Groups, Sabtu (3/2/2018) menyatakan, tiga kejadian yang dimaksud bukan gerakan masa yang sebenarnya.

Skenario itu hanyalah sebuah simulasi, untuk melatih kesigapan anggotanya, jika seandainya terjadi gejolak yang sebenarnya.

"Ini hanyalah simulasi, bukan kejadian yang sebenarnya. Simulasi ini untuk melatih kesigapan anggota," kata Rajadewa.

Kabag Ops Kompol S Sophian, menambahkan. Menurutnya, kegiatan simulasi rayonisasi situasi kontijensi yang dimaksud disusun dalam tiga skenario. Skenario berawal dari Satintelkam Polres Bangka yang menyatakan telah terjadi tiga kerusuhan di tiga titik berbeda pada waktu yang sama.

Lokasi kejadian simulasi pertama, ketika nelayan asal Belinyu dan Riausilip akan melaksanakan razia TI aliran Sungai Perimping , Sabtu (3/1/2018) sekitar Pukul 10.00 WIB. Lokasi kejadian kedua masyarakat dan Pengurus Koperasi Meranti Plasma Desa Mabat akan demo di PT THEP, Sabtu (3/2/2018) Pukul 10.00 WIB. Sedangkan kejadian ketiga Pukul 10.00 WIB di hari yang sama, sekelompok simpatisan dan Timses Paslon Pilgub Bangka akan demo ke Kantor PPK Kecamatan Merawang.

"Sehingga telah dilaksanakan kegiatan latihan alarm stealing dalam rangka menghadapi kontijensi konflik sosial tersebut. Untuk itu diperintahkan kepada masing-masing Polsek untuk berkumpul di masing-masing rayonisasi Pukul 09.30 WIB," kata Sophian.

Sophian menyebutkan tiga rayonisasi yang dimaksud masing-masing, Rayonisasi 1 meliputi Polsek Belinyu-Polsek Riausilip, Rayonisasi 2 meliputi
Polsek Bakam-Polsek Puding Besar, Polsek Mendobarat, Rayonisasi 3 meliputi Polsek Pemali - Polsek Merawang-Polsek Sungailiat.

"Menyikapi tiga kejadian tersebut, Polres Bangka menyiagakan seluruh personilnya yang termasuk dalam Sprint Kontijensi, baik itu Satgas Preemptif, Satgas Preventif, Satgas Represif, Satgas Gakkum dan Satgas Banops beserta peralatan dan sarana prasarana.
Dari kegiatan yang telah dilakukan,dalam kurun waktu 45-60 menit personel polsek rayonisasi bisa berkumpul dan personel polres 30-45 menit bisa berkumpul," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved