Desa dan Kelurahan di Babel Bakal Dapat Kucuran dana Rp 100 Juta dari APBD Provinsi

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018 akan mengucurkan bantuan gubernur ke desa dan kelurahan sebesar Rp 100 juta/desa.

Desa dan Kelurahan di Babel Bakal Dapat Kucuran dana Rp 100 Juta dari APBD Provinsi
Bangka Pos / Krisyanidayati.
Kepala Dinas DPMD, Yuliswan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018 akan mengucurkan bantuan gubernur (bangub) ke desa dan kelurahan sebesar Rp 100 juta/desa.

Bantuan ini akan mulai dibagikan pada triwulan pertama tahun ini.

Namun, sebelum bantuan Gubernur ini disalurkan Pemprov Babel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) akan mengumpulkan seluruh kepada desa dan lurah dalam waktu dekat untuk menjelaskan petunjuk teknis penggunaan bantuan ini.

"Satu desa/kelurahan itu dapat Rp 100 juta dari APBD. Juknis sudah selesai nanti dalam waktu dekat kita akan kumpulkan kepala desa dan lurah untuk menjelaskan ini," kata kepala dinas DPMD, Yuliswan belum lama ini.

Yuliswan mengatakan bantuan ini diharapkan bisa untuk menunjang perekonomian masyarakat desa. Ia membeberkan bantuan ini bisa dialokasikan untuk pertanian, perkebunan, peternakan dan pariwisata.

"Ini dipergunakan untuk menunjang ekonomi masyarakat desa sesuai visi misi pak gubernur, jadi nanti disesuaikan dengan potensi desa. Ada alokasinya masing-masing untuk perkebunan, pertanian, peternakan, kelautan perikanan," jelasnya.

Ia menjelaskan, kepala desa diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan bantuan Gubernur ini, sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Makanya mau kita kumpulkan kepala desanya, kita jelaskan alokasi dananya. Jadi mereka enggak bingung dan takut untuk menggunakan. Dana ini harus terserap dan dirasakan masyarakat manfaatnya," ujarnya.

Yuliswan menyebutkan, pihaknya mengupayakan agar triwulan pertama tahun ini, bantuan ini bisa segera dicairkan.

"Dana ini diharapkan semakin meningkatkan potensi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai nawacita presiden untuk membangun dari desa," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help