Baznas Babel Himpun Zakat Penghasilan ASN Rp 7,2 Miliar

Kita patut bersyukur, kesadaran pegawai di lingkungan Provinsi ini untuk membayar zakat penghasilannya meningkat

Baznas Babel Himpun Zakat Penghasilan ASN Rp 7,2 Miliar
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Baznas Babel, Sopian Sauri. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017 berhasil menghimpun zakat penghasilan dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pekerja profesional dan profesi lainnya di Provinsi Babel sebanyak Rp 7,2 miliar.

Ketua Baznas Provinsi Babel, Sopian Sauri mengatakan pada tahun 2016, zakat penghasilan hanya Rp 1,9 miliar. Namun tahun 2017 meningkat berkali-kali lipat hingga mencapai Rp 7,2 miliar.

Sopian mengatakan saat ini kesadaran ASN untuk membayar zakat penghasilan maupun profesi lainnya melalui Baznas sudah semakin meningkat.

"Kita patut bersyukur, kesadaran pegawai di lingkungan Provinsi dan profesi lainnya ini untuk membayar zakat penghasilannya meningkat, dari Rp 1,9 miliar melonjak hingga 7,2 miliar di tahun 2017," kata Sopian, Senin (5/2/2018).

Ia menyebutkan pihaknya juga menggencarkan melakukan sosialisasi, menurutnya ini tak luput dari peran pemerintah provinsi yang terus mengingatkan pegawai untuk membayar zakat penghasilan.

"Memang itu ada kesadaran ASN untuk membayar zakatnya, tetapi semua itu bermula dari sosialisasi dan peran dari pemerintah provinsi itu sendiri," katanya.

Sopian menuturkan, uang zakat yang berhasil di himpun akan di salurkan kepada 8 penerima, mereka adalah, Fakir, Miskin, Amil, Mualaf, untuk melepas perbudakan, lilitan hutang, Ibnu Sabil dan Fisabillilah.

"Dari 8 yang berhak menerima uang zakat itu, untuk Pendidikan terbanyak, pendidikan ini bisa masuk untuk siswa miskin, dan untuk kesehatan," tutupnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help