Tak Mampu, Pemprov Minta APBD Babel 2018 Turun dari Rp 3 T Jadi Rp 2,7 T

Pengurangan atau rasionalisasi ini dilakukan dikarenakan pemerintah tak sanggup menaikkan pendapatan daerah

Tak Mampu, Pemprov Minta APBD Babel 2018 Turun dari Rp 3 T Jadi Rp 2,7 T
Bangka Pos/Krisyanidayati
Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Baru sebulan berlaku yakni mulai dari 1 Januari 2018, APBD Provinsi Bangka Belitung tahun 2018 menurun drastis dari angka sekitar Rp 3 trilliun dikurangi Rp 270 miliar atau menjadi sekitar Rp 2,73 trilliun.

Pengurangan atau rasionalisasi ini dilakukan dikarenakan pemerintah tak sanggup menaikkan pendapatan daerah. Sementara silva tahun 2017 lalu diharapkan besar, ternyata tak sesuai dengan harapan.

Ketua DPRD Provinsi Babel, Didit Srigusjaya menjelaskan bahwa rasionalisasi dilakukan salah satunya untuk menutupi defisit anggaran tahun 2017 yang cukup besar. Angkanya berkisar Rp 384 miliar.

“Jauh hari sudah kita ingatkan. Kemampuan kita itu hanya Rp 2,7 trilliun atau paling tinggi Rp 2,8 trilliun. Tapi saat pembahasan RAPBD, TAPD meyakinkan kita bisa di angka Rp 3 trilliun. Faktanya, baru awal tahun 2018 sudah minta dirasionalisasi,” jelas Didit Srigusjaya, kepada harian ini, Senin (5/2/2018).

Silva dimaksud kelebihan anggaran tahun 2017. Tapi ternyata serapan anggaran cukup baik yang akibatnya angka silva sangat sedikit untuk menambah APBD 2018.

Sementara untuk pendapatan asli daerah hingga saat ini kata Didit belum mendapatkan angka asumsi yang jelas.

Akhirnya, jalan pintas yang dilakukan meski awal tahun terpaksa dilakukan rasionalisasi. Hal ini diambil agar pembangunan yang berbasis kerakyatan dapat berjalan dengan baik.

“Dari pada program kita tidak jalan dan dikhawatirkan akan terjadi stagnan program-program yang orientasinya untuk kepentingan rakyat, maka mau tak mau solusinya kita lakukan rasionalisasi,” ujar Didit.

Solusi lain dapat saja dilakukan. Yakni dengan menarik pinjaman atau berhutang dari pihak lain. Namun hal ini dipastikan bakal tak disetujui oleh DPRD Babel. 

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help