Jumlah Orang dengan HIV/AIDS di Bangka Belitung Meningkat, Ini Rinciannya

Sejauh ini, kasus HIV/AIDS masih banyak terjadi di populasi kunci seperti wanita pekerja seks, lokalisasi waria, dan tempat-tempat

Jumlah Orang dengan HIV/AIDS di Bangka Belitung Meningkat, Ini Rinciannya
Ilustrasi HIV/AIDS(thinkstock/vchal) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, M. Henri mengatakan terjadi peningkatan jumlah ODHA di Bangka Belitung.

"Kalau dari data yang masuk di kami, tahun 2017 ada 270 HIV positif, dari itu ada 56 yang sudah terkena AIDS", ungkapnya Kamis (1/1/2018).

Baca: 22 Ibu Hamil di Babel Positif Terjangkit HIV/AIDS

Sementara itu, pada data yang dimiliki Dinas Kesehatan di tahun 2016 terdapat 135 kasus HIV positif dengan 2 teridentifikasi memiliki gejala AIDS.

Sampai saat ini, kasus HIV/AIDS di Bangka Belitung belum meluas dan termasuk kategori rendah atau masih jarang terjadi.

Sejauh ini, kasus HIV/AIDS masih banyak terjadi di populasi kunci seperti wanita pekerja seks, lokalisasi waria, dan tempat-tempat hiburan.

Untuk mencegah dan menanggulangi kasus HIV/AIDS ini, Dinas Kesehatan Bangka Belitung pada tahun 2017 telah melakukan berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut berupa pemeriksaan HIV pada populasi kunci serta pemeriksaan pada ibu hamil. Tidak hanya koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, tapi kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Lebih lanjut M. Henri menjelaskan untuk kasus HIV pihaknya menyediakan Voluntery Conseling and Testing (VCT) atau Konseling dan Testing Sukarela.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help