2018, Pemprov Babel Masih Defisit Rp 290 Miliar

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami defisit anggaran sebesar Rp. 384 miliar tahun 2018.

2018, Pemprov Babel Masih Defisit Rp 290 Miliar
Bangka Pos / Krisyanidayati.
kepala bidang anggaran badan keuangan Babel, Amin Hoiri. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami defisit anggaran sebesar Rp. 384 miliar tahun 2018. Hal ini membuat Pemprov harus memutar otak untuk menutupi Defisit.

"Defisit anggaran 384 Miliar, ini ditutupi silpa per 31 Desember Rp 94 Miliar sisa defisit Rp 290 miliar. Ada beberapa upaya yang kita lakukan untuk menutupi defisit ini," kata kepala bidang anggaran badan keuangan Babel, Amin Hoiri, Rabu (7/2/2018).

Beberapa upaya yang dilakukan untuk menutupi defisit diantaranya ialah peningkatan pendapatan, rasionalisasi di masing-masing OPD akan dilakukan rasionalisasi, pengurangan dana hibah, penundaan kucuran dana bantuan kepada kabupaten/kota, hingga rasionalisasi Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP).

"Untuk pendapatan kita tingkatkan menjadi Rp 47 miliar ini dari berbagai sektor kita optimalkan. Kita juga melalukan rasionalisasi belanja daerah sekitar Rp 240 an miliar," katanya.

Ia merinci belanja tidak langsung yang terkena dampak rasionalisasi diantaranya ialah dana bagi hasil pajak ke kabupaten/kota sebesar Rp 64 miliar, bantuan keuangan kabupaten/kota yang bersifat fisik sebesar Rp 74 miliar, belanja hibah 23 miliar, rasionalisasi TPP Rp 21 miliar dan belanja tidak terduga Rp 2 miliar.

"Untuk belanja langsungnya kegiatan perangkat daerah dianggap dapat ditunda dan tidak mempengaruhi tugas dan fungsi perangkat daerah itu Rp 56 miliar," tambah Amin.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved