Bicara Soal Tambang, Asisten Bidang Ekonomi Terima Kunjungan DPRD Belitung

Terminal khusus tambang pasir yang selama ini sudah ada izinnya tapi ada keluhan dari masyarakat

Bicara Soal Tambang, Asisten Bidang Ekonomi Terima Kunjungan DPRD Belitung
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Foto bersama asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Babel, Budiman Ginting bersama anggota DPRD Belitung, di Kantor Gubernur Babel, Kamis (8/2/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budiman Ginting mengatakan pertemuan pihaknya dengan DPRD Belitung sebagai bentuk Koordinasi antara Kabupaten dengan Provinsi.

"Ini hanya diskusi soal bagaimana perizinan tambang yang sudah dikeluarkan maupun yang akan dikeluarkan supaya bisa terkendali lingkungan. Selain itu reklamasi soal reklamasi katanya izinnya enggak ada tapi masih berlangsung, bila memungkinkan ini distop dulu," kata Budiman ditemui Bangka Pos, usai rapat tertutup bersama DPRD Belitung, Kamis (8/2/2018).

Dirinya menanggapi soal terminal khusus tambang pasir yang diresahkan masyarakat, akan dilakukan penataan kembali.

"Terminal khusus tambang pasir yang selama ini sudah ada izinnya tapi ada keluhan dari masyarakat, ini ditata sudah ada yang dihentikan sementara," katanya.

Ia mengatakan izin terminal khusus dari dirjen perhubungan ini berkaitan dengan aktivitas tambang pasir.

"Sebelum mengeluarkan ini tentunya meminta rekomendasi dari bawah dulu, dan izin ini terminal khusus terkait dengan izin tambangnya. Kalau izin tambangnya lima tahun ya izin terminal khususnya 5 tahun juga," katanya.

Ia tak memungkiri aktivitas pertambangan yang telah merusak lingkungan.

"Banyak kerusakan, apalagi Belitung sudah kita siapkan untuk pariwisata. Tadi usulan DPR komisi I untuk zero tambang, cuma kita Provinsi posisi sulit dunia usaha harus berkembang, masyarakat juga harus terlindungi dan aturan enggak boleh kami langgar," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved