16 Parpol di Pangkalpinang Lolos Verifikasi Faktual KPU, 4 Partai Baru

Bisa ikut atau tidak sebagai peserta pemilu 2019 bukan kita yang menentukannya. Di Pangkalpinang lolos, belum tentu

16 Parpol di Pangkalpinang Lolos Verifikasi Faktual KPU, 4 Partai Baru
Bangka Pos / Hendra
Divisi Hukum, KPU Pangkalpinang, M. Atobi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Setelah melakukan verifikasi faktual partai politik, KPU Pangkalpinang menyatakan 16 partai politik di Pangkalpinang memenuhi persyaratan dan lolos sebagai peserta pemilu 2019 mendatang.

Divisi Hukum, KPU Pangkalpinang, M. Atobi mengatakan dari 16 partai politik yang diverifikasi tersebut 12 diantaranya merupakan partai lama.

Sedangkan 4 partai politik lainnya merupakan peserta baru.

“Hari ini hasil verifikasi faktual partai politik sudah mulai kita serahkan. Dari hasilnya 16 partai politik yang kita verifikasi, semuanya memenuhi persyaratan,” kata Atobi kepada harian ini, Jumat (9/2/2018).

Peserta partai politik yang lama yakni PAN, PPP, Gerindra, Hanura, PKB, PDIP, Nasdem, PKPI, Demokrat, PKS, Golkar dan PBB.

Sedangkan 4 partai baru yakni Berkarya, Garuda, Perindo dan PSI.

Atobi menjelaskan berdasarkan PKPU. No. 5 tahun 2018 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggara pemilu, verifikasi yang dilakukan ke partai politik yakni verifikasi administrasi, verifikasi kepengurusan yang diantaranya 30 persen keterwakilan perempuan dan keanggotaan partai politik terkait.

Dari 16 partai politik tersebut lanjut Atobi, berkas dan data verifikasi faktualnya akan disampaikan langsung ke KPU RI.

Pasalnya yang menentukan partai tersebut laik atau tidak sebagai peserta pemilu 2019 ditentukan oleh KPU RI dan juga hadil verifikasi faktual dari daerah lainnya.

“Bisa ikut atau tidak sebagai peserta pemilu 2019 bukan kita yang menentukannya. Di Pangkalpinang lolos, belum tentu didaerah lainnya. Jadi penetapannya ada di KPU RI,” jelas Atobi.

Dia menambahkan berdasarkan tahapan penetapan partai politik, tanggal 18 Februari nanti akan dilakukan pengundian nomor urut partai politik. Hasilnya baru akan diumumkan mulai tanggal 19 Februari sampai 20 hari. (*)

Penulis: Hendra
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help