RSBT Hadirkan Pengobatan Terbaru Penyakit Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi

Penderita batu salurah kemih di Pulau Bangka kian bertambah, RSBT sudah memiliki solusi pengobatan terbaru melalui (ESWL)

RSBT Hadirkan Pengobatan Terbaru Penyakit Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Seminar pembinaan Penyakit Batu Saluran Kemih oleh pemateri dokter spesialis urologi Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang, dr Jefri Sukmagara, SpU, Sabtu (10/2/2018) di ruang pertemuan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM BANGKA-- Puluhan dokter dari beberapa kabupaten di Pulau Bangka mengikuti seminar pembinaan penyakit Batu Saluran Kemih oleh pemateri Spesialis Urologi Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang, dr. Jefri Sukmagara, SpU, Sabtu (10/2) di
Ruang Pertemuan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang.

Direktur RSBT Pangkalpinang, Sufiyati mengatakan beberapa dokter puskesmas, klinik dan rumah sakit umum daerah dari beberapa kabupaten seperti Sungailiat, Muntok dan Tobali terdaftar sebagai peserta seminar ini.

Sebagai rumah sakit rujukan dari berbagai rumah sakit di Pulau Bangka, RSBT ingin memberikan pembekalan dan meningkatkan kompetensi terhadap dokter-dokter umum yang sering merujuk pasien penyakit batu saluran kemih ke RSBT.

Seminar pembinaan serupa selanjutnya akan digelar rutin satu kali dalam tiga bulan.

"Urologi ini ilmu tentang saluran kencing dari ginjal sampai pembuangan. Sesuai visi kami menjadi rumah sakit pusat rujukan, kami ingin agar semua dokter memberikan diagnosa tepat untuk pasien, terutama bagi dokter di puskesmas dan klinik yang berperan sebagai ujung tombak pengobatan pertama," tutur Sufiyati.

Dikatakan Sufiyati penderita batu salurah kemih di Pulau Bangka kian bertambah, namun RSBT sudah memiliki solusi pengobatan terbaru melalui alat Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) untuk mengatasi batu saluran kemih seperti batu ginjal, batu ureter, batu kandung kemih tanpa tindakan pembedahan atau operasi.

"Bagi sebagian orang operasi jadi hal yang menakutkan, kalau dulu satu-satunya jalan pengobatan dengan operasi tapi sekarang sudah ada ESWL terapi dengan gelombang kejut yang cukup ampuh," terangnya.

Beberapa keunggulan ESWL mengatasi penyakit batu saluran kemih tanpa luka, rasa nyeri minimal, waktu tindaka relatif singkat (45-60 menit), dapat dilakukan pada semua usia dan masa pemulihan cepat.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved