Home »

Lokal

» Bangka

Beberapa Pihak Ini Rencananya Akan jadi Pengelolaan Kebun Sawit Desa Pangkalniur

Rencananya pola penjualan sawit nanti, akan dikelola oleh BUMDes, sedangkan keuntungan hasil penjualan, akan kita bagi sesuai

Beberapa Pihak Ini Rencananya Akan jadi Pengelolaan Kebun Sawit Desa Pangkalniur
(Bangkapos/riyadi)
Tandan buah segar (TBS) Kelapa Sawit. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pembukaan, pengelolaan hingga perawatan kebun sawit Desa Pangkalniur Kecamatan Riausilip, sampai saat ini masih di handle oleh desa.

Belum dikelola oleh BUMDes, karena secara finansial akan menganggu arus kas BUMDes, untuk biaya perawatan dan pemupukan.

Dengan pertimbangan itu, lebih baik modal yang ada di BUMDes, difokuskan pada unit usaha yang sudah dikelola oleh BUMDes, seperti spamdesa, sewa tenda kursi, jasa pembayaran dan lainnya.

"Rencananya pola penjualan sawit nanti, akan dikelola oleh BUMDes, sedangkan keuntungan hasil penjualan, akan kita bagi sesuai dengan perdes tentang BUMDes itu sendiri," jelas Tim Pelaksana Kegiatan Pemdes Pangkalniur Asan Basri kepada bangkapos.com Minggu (11/2/2018).

Asan mengemukakan, menurut Kades Pangkalniur Agustino, untuk sementara, rencananya kebun sawit desa akan dikelola oleh lembaga desa seperti karang taruna dan masjid.

"Namun tetap di bawah pengawasan BUMDes dan desa," katanya.(*)

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help