BangkaPos/

Keluhan Warga Soal Air Keruh dan Tarif Mahal, Ini Jawaban dari PDAM Tirta Tapta Pinang

Soal adanya keluhan pelangan PDAM perihal kualitas air yang makin keruh dan tarif tagihan rekening PDAM yang kian mahal

Keluhan Warga Soal Air Keruh dan Tarif Mahal, Ini Jawaban dari PDAM Tirta Tapta Pinang
Bangka Pos / Dhina
Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Pinang Ervani 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Soal adanya keluhan pelangan PDAM perihal kualitas air yang makin keruh dan tarif tagihan rekening PDAM yang kian mahal. Langsung mendapat perhatian dari pihak PDAM Tirta Pinang Kota Pangkalpinang.

Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Pinang, Ervani, mengatakan soal keluhan pelangan PDAM tersebut, seharusnya langsung melaporkan ke kantor PDAM Tirta Pinang agar diketahui apa penyebabnya.

"Silahkan pelanggan yang komplain selesaikan permasalahannya di kantor karena kemungkinan besar ada kebocoran persil atau watermeter. Jadi harus ada pengecekan lapangan," jelas Kepala Bagian Teknik Ervani, Senin (12/2/2018)

Dikatakan Ervani kekeruhan air atau naiknya pembayaran rekening PDAM bisa disebabkan berbagai hal. Bisa disebabkan kerusakan Persil (pipa saluran dari water meter menuju keran pelanggan dan lainnya.

"Kerusakan juga bisa terjadi di watermater, kalau alat ini rusak berpengaruh terhadap rekening pelanggan. Pelanggan jangan cuek karena nanti beban biayanya jadi besar. Kalau seandainya salah catat maka akan kami ubah (perbaikan rekening)," tambahnya.

Meski enggan menyebutkan tarif pasti perbaikan persil atau watermeter namun dikata Ervani biaya perbaikan ini relatif melihat kondisi kerusakan di lapangan.

Karena beberapa petugas pernah pula sampai harus memecah beton untuk proses perbaikan.

Tingkat kekeruhan air diketahui dapat pula dipengaruhi oleh jalur saluran air yang bocor sehingga menyebabkan air terkontaminasi dari pipa kotor.

Ervani pun mengakui kekeruhan air dapat disebabkan akibat keberadaan pompa dosing milik PDAM yang hanya ada satu buah. Padahal sesuai standar, PDAM Tirta Pinang harus memiliki dua pompa dosing.

Halaman
12
Penulis: Dhina Sakti
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help