Server Dukcapil Overload, Pelanggan Telkomsel Terkendala Registrasi Kartu Prabayar

Jaringan Telkomsel aman dan lancar, namun karena banyaknya pengguna yang ingin mengaktivasi kartu prabayar, server di dukcapil mengalami hambatan

Server Dukcapil Overload, Pelanggan Telkomsel Terkendala Registrasi Kartu Prabayar
Ira Kurniati
Suasana Grapari Telkomsel di Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Manager Branch Grapari Pangkalpinang, Romi Budiman menanggapi permasalahan pelanggan Telkomsel dalam melakukan registrasi kartu prabayar.

Menurutnya jaringan atau server pada pihak Telkomsel sendiri aman dan tidak mengalami permasalahan, namun adanya kelebihan kapasitas pada server dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) dalam mengentri nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga, sehingga pelanggannya kesulitan dalam mengaktivasi kartu prabayar.

"Jaringan Telkomsel sendiri aman dan lancar, namun karena banyaknya pengguna yang ingin mengaktivasi kartu prabayar, server di dukcapil mengalami hambatan karena sudah terlalu overload tadi. Kami selalu berkoordinasi dengan mereka karena pendaftaran E-ktp atau Kartu keluarga online itu kan wewenang mereka. Kedua hal itu kan syarat untuk registrasi prabayar," ujar Romi, Senin (12/2/2018).

Ia mengungkapkan, Telkomsel selalu melapor kepada Dinas Komunikasi dan informatika Provinsi Bangka Belitung terkait jumlah pelanggan yang sudah melakukan registrasi kartu prabayar.

Supervisor Operation Grapari Pangkalpinang, Bangkit Wicaksana, menuturkan, pelanggan Telkomsel penutupan Januari 2018 sudah tercatat sekitar 60 persen yang sudah melakukan aktivasi kartu prabayar. 

Bangkit Wicaksana menambahkan, pelanggan harus mengecek validasi Nomor induk kependudukan yang tertera pada KTP dan nomor kartu keluarga di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. 

"Pengaktivasian kartu tersebut sebaiknya dilakukan sekitar pukul 22.00 karena pada waktu tersebut server tidak sepadat waktu siang hari," ujar Bangkit.

Ia juga menyarankan, apabila pelanggan sulit melakukan registrasi, dipersilahkan datang dan akan dibantu oleh  customer service Grapari Telkomsel Pangkalpinang. (q6)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help