Home »

Lokal

» Bangka

Apotik, Toko Obat dan Kelontong Dicek Dinkes Bangka, Ini Tujuannya

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan pengecekan terhadap apotek, toko obat, dan kelontong

Apotik, Toko Obat dan Kelontong Dicek Dinkes Bangka, Ini Tujuannya
Bangkapos/Edwardi
dr Then Suyanti, Kadinkes Kabupaten Bangka 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan pengecekan terhadap apotek, toko obat, dan kelontong yang ada di Kabupaten Bangka.

Tujuannya untuk memastikan apakah ada yang  menjual obat tidak terdaftar atau sudah kadaluarsa atau menjual obat yang tidak seharusnya.

"Kita lakukan secara bertahap, dan setiap tahun kita lakukan pengecekan mulai dari Sungailiat, Belinyu dan semua kecamatan di Kabupaten Bangka yang ada apotik, toko obat dan toko kelontong," kata dr Then Suyanti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Rabu (14/2/2018) di kantornya.

Ditambahkannya,  kegiatan pengecekan ini dilkaukan oleh pegawai Dinas Kesehatan Bangka, tapi dilakukan secara secara bertahap.

Menurutnya, jika ditemukan ada obat yang tidak semestinya dijual, Dinkes akan melakukan langkah pertama dengan pembinaan dan jika memang masih membandel, akan dilakukan tindakan yang serius, bisa ditutup atau bisa juga dilakukan sanksi tegas.

"Akan kita lakukan pembinaan jika ada ditemukan apotik, toko obat dan kelontong melakukan pelanggaran," ujarnya.

Ke depan dr Then Suyanti menambahkan akan melakukan pemeriksaan juga tenaga kesehatan tidak hanya di rumah sakit, tetapi juga di puskesmas, dan klinik kesehatan.

"Kita akan arahkan, dan beri pengertian kepada petugasnya, apakah obat itu bisa dijual atau tidak, dan harus bisa membedakannya untuk keamanan masyarakat, dan sejauh ini juga belum ditemukan obat kadaluarsa," imbuhnya.

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help