Babel Tuan Rumah Balap Sepeda Tingkat Internasional

Kesempatan ini menjadi peluang emas bagi provinsi Babel dalam meningkatkan potensi daerah dan sekaligus mempromosikan pariwisata

Babel Tuan Rumah Balap Sepeda Tingkat Internasional
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
Suharto, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung 

Laporan Berita Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung mengumumkan bahwa Bangka Belitung akan menjadi tuan rumah untuk event balap sepeda 200 kilometer tingkat Internasional dibawah naungan Audax.

Kesempatan ini menjadi peluang emas bagi provinsi Babel dalam meningkatkan potensi daerah dan sekaligus mempromosikan pariwisata yang ada di Bangka Belitung.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda Dispora, Ferdiyan mengatakan event ini akan dihadiri beberapa peserta dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Peserta yang dari luar negeri yang sudah konfirmasi ada 3 orang, 2 orang dari Malaysia, 1 orang dari Singapura. Dari pusat juga rencananya akan ditambahkan 10 orang lagi tapi belum tahu dari negara mana," ujar Ferdiyan.

Selain itu, ia mengatakan bahwa kesempatan terbuka lebar untuk masyarakat daerah yang ingin ikut serta dalam event ini. Rute-rute yang dipilih pun adalah tempat yang memiliki nilai pariwisata tinggi yang layak dipromosikan.

"Tersedia dua kategori dalam event ini, yaitu tingkat pemula dan Atlet. Untuk pemula dikenakan biaya pendaftaran 200 ribu rupiah dan untuk atlet 600 ribu rupiah," ujarnya.

Ia menyebutkan, rute yang telah disiapkan untuk kategori pemula yakni rute sepanjang 100 kilometer, sedangkan untuk tingkat atlet disiapkan rute sepanjang 200 kilometer.

Selama event berlangsung telah disediakan juga 3 tempat check point sepanjang rute 200 kilometer.

"Pemilihan rute untuk event ini terutama untuk rute 200 kilometer kita mulai dari Alun-Alun Lapangan Merdeka Pangkalpinang kemudian melewati Jembatan Emas, lalu meluncur ke sepanjang jalur timur, lanjut ke tongaci. Di sana akan disediakan check point pertama, kemudian check point kedua ada di simpang lumut, dan check point terakhir di Desa Bakam dan finish di rumah walikota. Check point tersebut kita sediakan di setiap 50 kilometer," ujar pria yang akrab disapa Bob ini.

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, Suharto.

Ia berharap dari pemuda daerah banyak yang turut serta agar kedepannya bisa mengikuti event yang lebih besar dan tinggi lagi.

"Nanti di bulan Maret kan baru Eksibisi atau percobaannya saja, apabila hasilnya memuaskan maka akan diperluaskan lagi terutama untuk menunjang atlet-atlet daerah kita," Imbuh Suharto. (q1)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help