BangkaPos/

Sekda Babel Minta BPBD Gelar Latihan Gabungan Tangani Bencana

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi meminta seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam kebencanaan

Sekda Babel Minta BPBD Gelar Latihan Gabungan Tangani Bencana
Bangka Pos / Krisyanidayati
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi meminta seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam kebencanaan, untuk bersinergi dan mengadakan latihan gabungan.

Sehingga jika terjadi bencana masing-masing sudah mengetahui tugas dan dapat bergerak cepat.

"Latihan secara berkala, latihan bersama penting, kadang sering terlambat karena tidak koordinasi hanya karena tidak sering bertemu. Ini yang harus kita biasakan," kata Yan, Rabu (14/2/2018).

Kita juga harus mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan. Karena bencana dan kondisi lingkungan mempunyai hubungan erat, beberapa bencana yang terjadi sebenarnya sudah menggambarkan degradasi lingkungan kita. Salah satunya bisa dilakukan dengan penanaman pohon," katanya.

Yan juga menginstruksikan kepala BPBD Babel untk membangun komunikasi dan bersinergi serta merencanakan dengan baik hal-hal strategis yang berkaitan dengan kebencanaan.

"Kepala BPBD harus menyiapkan semua unsur penting kita kumpulkan dan rapatkan apa hal-hal strategis dalam satu tahun ke depan yang harus kita lakukan," ucapnya.(*)

Ia berharap bencana banjir yang terjadi dua tahun belakangan tidak kembali terulang. Kendati demikian semua pasukan harus disiagakan.

"2016-2017 kita mengalami bencana besar. Kita inginnya tidak lagi terjadi bencana, tapi manakala terjadi yakinkan kepada masyarakat bahwa kita seluruhnya bisa bersinergi bergandeng tangan mengurangi beban masyarakat dengan cepat dan sigap," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help