Mahasiswa UBB Terima Beasiswa Vivian Gordon Bowden dari Australia

Pemerintah Australia melalui Kedutaan Besar Autralia Mr. Matthew Barclay menyerahkan secara langsung beasiswa Vivian Gordon Bowden

Mahasiswa UBB Terima Beasiswa Vivian Gordon Bowden dari Australia
ist
Mr. Matthew Barclay (Perwakilan Kedutaan Besar Australia), dan Ismed Inonu (Wakil Rektor I UBB), didampingi Dekan FISIP Ibrahim, menyerahkan Beasiswa Vivian Gordon Bowden Education Prize, kepada Nova Laura (Semester 3 jurusan Sosiologi) dan M. Abdul Kadir (Semester 3 jurusan Sastra Inggris) mahasiswa UBB, diruang rapat besar Rektorat, Kamis (15/2). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Australia melalui Kedutaan Besar Autralia Mr. Matthew Barclay menyerahkan secara langsung beasiswa Vivian Gordon Bowden Education Prize kepada Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB), di ruang rapat besar Rektorat, Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Kamis (15/2/2018) pagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Rektor I UBB Ismed Inonu, Perwakilan Kedutaan Besar Autralia Mr. Matthew Barclay, serta pelajar dari Kedutaan Australia Neysa Amelia, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Ibrahim, Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Wahyu Adi, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Karmawan, Wakil Dekan Fakultas Teknik (FT) Endang Setyawati Hisyam, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) Evia Eva beserta jajarannya, serta mahasiswa UBB.

Beasiswa Vivian Gordon Bowden merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintahan Australia melalui Kedutaannya untuk mahasiswa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memenuhi syarat, serta lulus dalam seleksi yang diselenggarakan oleh pihak panitia.

Latar belakang Pemerintah Australia memberikan Beasiswa ini adalah, sebagai salah satu bentuk untuk memperingati jasa dan pengorbanan Bowden sebagai salah satu diploma Autralia yang memiliki sejarah khusus dipulau Bangka.

Bowden meninggal pada tanggal 17 Februari 1942 di Muntok Pulau Bangka yang terbunuh selama Perang Dunia II masa penjajahan Jepang. Vivian Gordon Bowden adalah Perwakilan Resmi Australia di Singapura, dan biografi Vivian Gordon Bowden juga akan dipajang di Museum Timah Muntok.

Mr. Matthew Barclay, perwakilan Kedutaan Besar Autralia menyerahkan secara langsung beasiswa Vivian Gordon Bowden Education Prize, kepada Nova Laura mahasiswa Semester 3 jurusan Sosiologi dan M. Abdul Kadir mahasiwa Semester 3 jurusan Sastra Inggris yang berhasil dan dinyatakan lulus dalam seleksi, dan kedua-duanya berasal dari FISIP UBB.

Ismed Inonu dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Mahasiswa UBB yang mendapat beasiswa Vivian Gorden Bowden, serta ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada perwakilan Kedutaan Besar Australia atas penghargaan dan kepercayaan yang telah diberikan dari Pemerintah Australia kepada pihak UBB.

“Ini penghargaan yang sangat besar bagi kami (UBB), dan kami berterima kasih sekali kepada Kedutaan Besar Australia atas pemberian beasiswa ini, dan kami berusaha untuk melakukan seleksi yang sebaik-baiknya, sehingga terpilihlah dua mahasiswa ini, dan kebetulan kedua-duanya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP),” ungkap Ismed Inonu melalui rilis yang diterima Bangkapos.com, Kamis (15/2/2018).

Beasiswa ini di berikan selama satu tahun (2 semester) untuk mahasiswa UBB Tahun Akademik 2017/2018. Beasiswa Vivian Gordon Bowden yang diserahkan oleh perwakilan Kedutaan Besar Australia sebesar US$ 2,000/mahasiswa, dan jika di rupiahkan setara dengan Rp. 20.600.000,-.

"Kami sangat senang untuk mendukung siswa lokal ini dalam mengenang Vivian Gordon Bowden, Bangka memiliki arti penting bagi warga Australia, yang kehilangan nyawanya di Pulau Bangka selama Perang Dunia II pada masa penjajahan Jepang," kenang Mr. Matthew Barclay perwakilan Kedutaan Besar Australia.

Tentunya pencapaian penghargaan beasiswa Vivian Gorden Bowden yang diterima kedua mahasiswa UBB ini memberikan kebahagiaan tersendiri. Kegiatan ini juga dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa UBB lainnya untuk berupaya mencari peluang beasiswa-beasiswa yang lain, dan tentunya dengan prestasi dan semangat belajar yang tinggi.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved