BPBD Ingatkan Masyarakat Jangan Buka Lahan Dengan Membakar

Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

BPBD Ingatkan Masyarakat Jangan Buka Lahan Dengan Membakar
Bangka Pos / Krisyanidayati.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Ia mengatakan Babel memiliki potensi kebakaran hutan, oleh karena itu masyarakat diminta lebih berhati-hati terhadap api disaat musim kemarau.

"Kebakaran yang paling rentan adalah semak belukar, kalau rumah itu akibat konsleting listrik. Kita siap antisipasi dengan personil dan mobil damkar," kata Mikron belum lama ini.

Mikron membeberkan dari tujuh kabupaten/kota, kabupaten Bangka paling rawan terjadi kebakaran hutan. Sedangkan untuk kebakaran rumah paling sering terjadi di Pangkalpinang lantaran pemukiman yang padat.

"Bangka potensinya besar kebakaran hutan, Belitung dan Belitung Timur juga," katanya.

Ia menuturkan baru-baru kebakaran juga terjadi di Selindung dan Pasir Padi. Oleh karena itu, dirinya meminta agar masyarakat hati-hati saat menyalakan api. Musim kemarau yang disertai dengan angin kencang dapat mempercepat api menyebar.

"Kalau bakar sampah atau bakar apa, harus tau dulu kemampuan kita sebaran apinya jangan sampai meluas. Jangan ditinggal kalau habis ngebakar dilihat betul apinya sudah mati apa belum. Sekarang anginnya kenceng api cepat menyebar," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help