Hidup Penuh Keterbatasan, Begini Warga Miskin Keturunan Cina Merayakan Imlek

Selain Cang In, banyak keturunan Cina di Kampung Sewan yang dikenal dengan Cina Benteng, hidup dalam keterbatasan, tak memilki pekerjan tetap.

Hidup Penuh Keterbatasan, Begini Warga Miskin Keturunan Cina Merayakan Imlek
Suharli
Atraksi liong dan barongsai dari perkumpulan barongsai yang ada di pangkalpinang pada malam perayaan Imlek di Klenteng Kwan Tie Miau, Kamis (15/2/2018) malam. 

BANGKAPOS.COM--Keturunan Tionghoa di kawasan Tangerang dikenal dengan sebutan Cina Benteng, tinggal di sepanjang pinggiran kali Cisadane. Banyak dari mereka yang hidup dalam kemiskinan. Bagaimana mereka merayakan Imlek?

Tan Cang In tengah membersihkan sebuah kuburan di pemakaman Cina Rawa Kucing, di Kampung Sewan, Tangerang. Sejak berhenti bekerja sebagai buruh pabrik puluhan tahun lalu, dia menjaga sekitar 20 makam.

"Kalau masalah bayaran saya tergantung orangnya, dia kasih gede milik saya, dia kasih kecil ya milik saya juga," ujar Cang In.

//

Dia mengaku mendapatkan paling banyak Rp 3 juta per tahunnya untuk menjaga dan membersihkan puluhan makam. Penghasilan itu tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya, Karena Cang In juga berjualan penganan kecil.

Cang in memiliki tiga anak, dua anak laki-lakinya berusia 30 dan 25 tahun, sedangkan anak bungsunya masih kelas dua SMP.

Dia mengaku mendapatkan bantuan dari sebuah organisasi keagamaan, untuk biaya sekolah anak-anaknya.

"Pengennya sih terus dibantu sampai selesai gitu sekolahnya," harap dia.

Nyatanya tak ada yang sekolahnya tinggi di keluarga itu. Agus Tan, anak kedua mereka, hanya bisa menyelesaikan sekolah hingga lulus SMP. Dan sekarang sehari-harinya Agus kerja serabutan dengan penghasilan sekadarnya.

"Ya, paling bantu papa mama, kadang diajak saudara," kata Agus.

"Susah sih cari kerja. Teman saja yang sarjana saja susah. Kalau cewek sih cepat (dapat kerja) kayak di konveksi gitu," jelas Agus yang hanya lulusan SMP.

Halaman
1234
Editor: khamelia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved