Libur Imlek Sejumlah Toko di Pangkalpinang Tutup

Perayaan tahun baru Imlek 2569 juga berdampak pada aktivitas perdagangan masyarakat, di kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Libur Imlek Sejumlah Toko di Pangkalpinang Tutup
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Sejumlah Toko tutup di kawasan BTC Kota Pangkalpinang, Jum'at (16/2/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perayaan tahun baru Imlek 2569 juga berdampak pada aktivitas perdagangan masyarakat, di kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Sejumlah pusat perbelanjaan, seperti pasar Pembangunan, Bangka Trade Center, dan kawasan pertokoan di Sekitar Jalan Jendral Sudirman tampak tutup, Jum'at (16/2/2018).

Tak seperti biasanya, toko-toko sudah buka dan dipadati dengan berbagai aktivitas transaksi. Berbeda dengan hari ini di rolling door tertulis tutup hingga tanggal tertentu.

Di kawasan pasar pembangunan salah satunya, ruko-ruko yang biasanya menjual kebutuhan sembako, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, pakaian, dan lainnya yang biasanya sudah menggantung berbagai dagangan di depan toko, hari ini justru tertutup rapat oleh rolling door.

"Sepi memang, apa agik ni hari pertama Imlek orang Kong Yan. Coba ka liat ruko-ruko di sini terhitung jari yang buka. Setiap tahun kayak gini, kalau imlek banyak yang tutup karena kan orang lebaran," kata salah satu pedagang bumbu yang masih buka, Nur ditemui Bangka Pos di kawasan Pasar Pembangunan, Jum'at (16/2/2018).

Menurut Nur, rekan-rekan berdagangnya akan kembali buka pada senin mendatang. Namun, masyarakat tak perlu khawatir pasalnya masih banyak pedagang yang berjualan menyediakan berbagai kebutuhan pokok.

"Senin lah buka, kalau yang pegi ke luar negeri mungkin lama tutup tokonya. Yang Tutup kan cuma pedagang yang Cina, kalau barang banyak orang melayu agik jualan, tapi memang sepi pembeli dibanding hari biasa," katanya.

Di pusat perbelanjaan BTC juga terjadi hal serupa, banyak ruko-ruko tutup, terutama di lantai I. Hanya beberapa pedagang saja yang buka. Meski banyak yang tutup, masih banyak juga masyarakat yang datang untuk berbelanja.

"Kalau dilantai I memang banyak orang Cina yang jualan tu lah banyak tutup orang Kongnyan. Kami juga kalau sepi cuma buka sampai siang," kata seorang pramuniaga di BTC.

Sejumlah Toko tutup di kawasan BTC Kota Pangkalpinang, Jum'at (16/2/2018).
Sejumlah Toko tutup di kawasan BTC Kota Pangkalpinang, Jum'at (16/2/2018). (Bangka Pos/Krisyanidayati.)
Toko tutup saat perayaan imlek hari ini dan beberapa hari ke depan
Toko tutup saat perayaan imlek hari ini dan beberapa hari ke depan (bangkapos/krisyanidayati)
Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved