Usir Roh Jahat Dengan Angpao dan Barongsai

Perayaan Imlek yang jatuh pada hari Jumat (16/02/2018) menjadi hari yang sangat dinantikan umat Tionghoa di seluruh dunia.

Usir Roh Jahat Dengan Angpao dan Barongsai
Putrie Agusti Saleha
Bun Jit Sui dan Istri 

Laporan Berita Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM,BANGKA-Perayaan Imlek yang jatuh pada hari Jumat (16/02/2018) menjadi hari yang sangat dinantikan umat Tionghoa di seluruh dunia.

Kemeriahan perayaan yang di kenal sebagai tahun baru umat tionghoa ini menjadi ajang untuk saling mendoakan satu sama lain. Keluarga Bun Jit Sui (66) pun tak mau ketinggalan.

Lampion-lampion merah cantik menghiasi rumah mereka. Pernak-pernik berwarna merah cerah lainnya tak mau ketinggalan ikut meramaikan suasana.

"Lampion ini digunakan sebagai lampu penerang di rumah-rumah orang di Cina sana, tapi saya lupa dulu mereka pakai apa untuk sumber penerang di dalamnya itu" Ujarnya.

Selain lampion hal yang identik dengan Imlek adalah Angpao dan pohon bunga sakura. Lelaki paruh baya ini mengatakan bahwa ada makna sendiri dibalik pemberian Angpao yang umumnya dibagikan kepada anak-anak.

"Jaman dahulu dari cerita yang saya dengar di tanah leluhur kami itu ada hewan buas atau sejenis roh jahat yang suka memangsa manusia. Dan hewan ini tidak suka dengan warna merah. Makanya anak-anak kecil itu diberi Angpao warna merah yang biasanya juga ada tulisannya di situ untuk mengusir hewan tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa gemuruh suara alat musik dari barongsai pun tidak disukai roh jahat tersebut.

Jadi, biasanya pada saat perayaan imlek datang maka warga akan memainkan i dan menabuh musik khas permainan barongsai untuk mengusir hewan buas itu.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved