Inilah Sikap Ketua Umum PBB Terkait Pengumuman Verifikasi Faktual KPU RI

Saya pikir masalah ini sudah selesai tadi malam, tiba-tiba hari ini dibilang tidak lolos. Tadi kami sudah berkomunikasi

Inilah Sikap Ketua Umum PBB Terkait Pengumuman Verifikasi Faktual KPU RI
Pos Belitung/Dede Suhendar
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra berfoto bersama usai melakukan peresmian Kantor DPC PBB Kabupaten Belitung, Sabtu (17/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra akan mengambil sikap terkait pengumuman KPU RI tentang ketetapan hasil verifikasi faktual terhadap parpol.

Seperti yang dilansir dari tribunnews.com, sebanyak 14 parpol dianggap memenuhi syarat verifikasi di tingkat DPP, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sementara itu, dari 16 parpol yang menjalani tahapan verifikasi hanya dua partai yang tidak lolos, yakni PBB dan PKPI.

"Saya pikir masalah ini sudah selesai tadi malam, tiba-tiba hari ini dibilang tidak lolos. Tadi kami sudah berkomunikasi dengan Bawaslu RI, jadi Senin nanti, Bawaslu akan memediasi KPU RI dengan PBB membicarakan keterlambatan itu," ungkap Yusril saat meresmikan Kantor DPC PBB Kabupaten Belitung di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Sabtu (17/2/2018).

Yusril mengatakan, seluruh pengurus PBB di kabupaten/kota sudah diverifikasi oleh KPU, hanya Kabupaten yaitu Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat yang tidak diverikasi.

Hal itu dikarenakan kondisi geofrafis wilayah  Manokwari yang berupa pengunungan dan jaraknya jauh menuju kabupaten untuk melakukan verifikasi ke kantor KPU Kabupaten setempat.

Akibatnya, enam pengurus yang tinggal di daerah pengunungan terlambat melakukan verifikasi karena tiba ke esokan pagi pasca KPU menutup proses verifikasi.

"Jadi kami menutup prosesnya pukul 24.00 WIB, enam orang ini karena jauh tiba esok pagi. Menurut saya kan tidak wajar, hanya gara-gara enam orang terlambat datang ke kantor KPU terus partainya tidak bisa ikut Pemilu di seluruh Indonesia," katanya.

Oleh sebab itu, Yusril mengimbau kepada jajaran pengurus dan kader di daerah agar tetap melakukan persiapan jelang Pemilu 2019. Terkait masalah tersebut, kata dia, jajaran DPP akan menyelesaikannya di tingkat pusat.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help