Masyarakat Belum di Coklit, Segera Lapor ke PPS

Kita berusaha semaksimal mungkin. Karenanya kendala yang dihadapi rekan-rekan PPK dan PPS di lapangan

Masyarakat Belum di Coklit, Segera Lapor ke PPS
Ist
KPU Pangkalpinang mengelar bimbingan teknis penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran dan operator aplikasi sidalih di Menumbing Hotel Heritage, Sabtu (17/2/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKa -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang menggelar bimbingan teknis penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran dan operator aplikasi sidalih di Menumbing Hotel Heritage (17/2/2018).

Dalam bimtek tersebut, PPK juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan daftar inventarisir masalah baik di kecamatan maupun dikelurahan. 

Kendala apa saja yang dihadapi selama melakukan coklit, misalkan pemilih yang sulit untuk ditemui, identitas pemilih tak sesuai dengan KTP dan lain sebagaikanya.

Yusmayadi selaku Divisi Perencanaan dan Data Informasi, KPU Pangkalpinang kepada bangkapos.com, mengatakan kendala yang dihadapi oleh para PPK dibahas juga di Bimtek tersebut. 

Hal ini dilakukan agar pemilih yang belum masuk ke coklit agar terdaftar dan tetap menjadi peserta pemilu 27 Juni 2018.

Dan meningkatkan partisipasi pemilih di Pangkalpinang.

“Kita berusaha semaksimal mungkin. Karenanya kendala yang dihadapi rekan-rekan PPK dan PPS di lapangan harus kita selesaikan. Jangan sampai ada yang tidak masuk sebagai daftar pemilih di pemilu mendatang,” kata Yusmayadi.

Dia menambahkan ada juga yang terpaksa harus dicoret dari daftar pemilih.

Seperti pindah jiwa dari Pangkalpinang, sudah menjadi anggota TNI/Polri, ada juga yang meninggal dunia dan lain sebagainya.

Kemudian yang sudah masuk dalam daftar pemilih yang sudah dicoklit tersebut akan dimasukkan dalam laporan akhir coklit oleh PPDP.

Lalu baru dimasukkan dalam SIDALIH (sistem Informasi Data Pemilih).

“Selanjutnya baru menjadi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran untuk di susun menjadi Daftar Pemilih Sementara. Kami menghimbau kepada masyarakat Pangkalpinang yang merasa belum di coklit agar melaporkan ke PPS setempat. Cek kembali sudah terdaftar atau belum dalam daftar pemilih,” kata Yusmayadi. (*)

Penulis: Hendra
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help