Leisure Bangka Belitung

Pantai Radji Muntok Jadi Pusat Peringatan Perang Dunia II ke 76

Keluarga dan Kedutaan Besar (Kedubes) Australia kembali memperingati insiden Perang Dunia (PD) II ke 76 yang menewaskan 50 tentara inggris

Pantai Radji Muntok Jadi Pusat Peringatan Perang Dunia II ke 76
Bangkapos/Anthoni Ramli
Pihak keluarga, Kedutaan Besar (Kedubes) Australia dan MHVG Babar memperingati insiden Perang Dunia (PD) II ke 76 yang menewaskan 50 tentara inggris dan 22 perawat Australia yang dipusatkan di pantai Radji Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat ( 16/02/2018) kemarin. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keluarga dan Kedutaan Besar (Kedubes) Australia kembali memperingati insiden Perang Dunia (PD) II ke 76 yang menewaskan 50 tentara inggris dan 22 perawat Australia yang dipusatkan di pantai Radji Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat ( 16/02/2018) kemarin.

Momentum 76 Anniversary Commemoration Service dipusatkan di empat titik kota Muntok. Di antaranya Kampung Menjelang/Kampung Keranggan Atas tempat berdirinya tugu camp tahanan wanita, Pantai Tanjung Kalian dimana terdapat monumen peringatan warga Australia.

Monumen Vivian Bowden di depan Bank Mandiri Muntok, lokasi tewasnya Duta Besar Australia, Vivian Bowden yang ditembak tentara Jepang pada 17 Februari 1942 dan Pantai Radji tempat tewasnya 22 orang perawat Australia ditembak tentara Jepang pada tanggal 16 Februari 1942.

Tak seperti tahun lalu, kali ini hanya segelintir keluarga anak cucu para perawat PD II yang datang ke bumi Sejiran Setason. Di antaranya, Michael Noyce, Judy Campbell dan Georgina Banks. Ketiga orang ini selalu hadir setiap tahun.

Disamping itu, hadir juga 3 perwakilan pihak Kedubes Australia yakni, Mark Graichen, Bryce Bird dan Sekretaris 1 Bidang Politik Matthew Barclay, perwakilan Perawat dari RSUD Sejiran Setason Bangka Barat, Relawan PMI Bangka Barat dan Marc dan Yanni Slootweg dari Orange Cafe sebagai penerjemah.

Muntok History Volunteers Group ( MHVG ) Bangka Barat, masih dipercaya Michael Noyce, menyiapkan segala rangkaian prosesi
76 Anniversary Commemoration Service tersebut. dimulai dari transportasi dan akomodasi hingga membangun monumen tempat peletakan plakat sejarah 22 orang perawat Australia yang tewas di Pantai Radji.

Ritual peringatan yang dilakukan di Kampung Menjelang, Pantai Tanjung Kalian dan Monumen Vivian Bowden hampir sama berupa peletakan karangan bunga dan kata sambutan dari pihak keluarga perawat dan pihak Kedutaan Besar Australia.

Sedangkan puncak dari rangkaian 76th Anniversary Commemoration Service Remembering The Heroism And Sacrifice of the Australian Army Nurses berlangsung di Pantai Radji, dimana Paulus Kara dari Santa Maria Muntok melakukan pemberkatan Monumen Plakat yang baru selesai di bangun oleh MHVG.

Disamping itu, hal yang paling menarik dan unik pada peringatan di Pantai Radji yakni seluruh hadirin saling berpegangan tangan menghadap dan berjalan perlahan ke arah laut sebagai gambaran saat para perawat Australia di perintahkan tentara Jepang untuk masuk ke laut saling berpegangan tangan sebelum di berondong dengan tembakan.

Setelah itu, segenap hadirin melarung karangan bunga ke laut. Menurut Sekretaris 1 Bidang Politik Kedutaan Besar Australia, Matthew Barclay, peringatan serupa yang dilakukan di kota Muntok sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya.

" Momentum ini Ini sudah sering dilakukan di tahun sebelum-sebelumnya. Bahkan sekitar tahun 90 -an. Seperti monumen ini ( monumen di Tanjung Kalian, red ) diresmikan tahun 1993. Kami bersyukur dan bangga hari ini masih bisa memperingati momen PD II tersebut," ujar Matthew Barclay di sela - sela Peringatan Perang Dunia ke- 2 warga Australia ke - 76," Jumat ( 16/02/2018 ) kemarin.

Pihak keluarga, Kedutaan Besar (Kedubes) Australia dan MHVG Babar memperingati insiden Perang Dunia (PD) II ke 76 yang menewaskan 50 tentara inggris dan 22 perawat Australia yang dipusatkan di pantai Radji Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat ( 16/02/2018) kemarin.
Pihak keluarga, Kedutaan Besar (Kedubes) Australia dan MHVG Babar memperingati insiden Perang Dunia (PD) II ke 76 yang menewaskan 50 tentara inggris dan 22 perawat Australia yang dipusatkan di pantai Radji Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat ( 16/02/2018) kemarin. (Bangkapos/Anthoni Ramli)
Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help