Kanwil Kemenag Babel Lebih dari 10 Tahun Menerapkan Zakat Penghasilan

Sudah hampir 10 tahun Kemenag Kanwil Babel menerapkan zakat penghasilan.Khusus pegawai berpenghasilan di atas 3,9 juta

Kanwil Kemenag Babel Lebih dari 10 Tahun Menerapkan Zakat Penghasilan
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel, Rebuan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel, Rebuan mengungkapkan pihaknya sudah menerapkan zakat penghasilan kepada seluruh ASN nya.

Terhitung sebelum tahun 2005 sampai saat ini, mereka memberikan 2,5% gaji yang diterima. Khususnya, pegawai berpenghasilan mencapai 3,9 juta perbulan.

“Sudah lebih 10 tahun Kemenag Kanwil Babel menerapkan zakat penghasilan tersebut. Khusus pegawai berpenghasilan di atas 3,9 juta menulis surat pernyataan bersedia menyalurkan zakat penghasilan,” kata Rebuan, Senin (19/2/2018)

Ia menegaskan bukan potongan zakat tetapi menyalurkan zakat. Sebab, gaji yang diterima melalui atm dikeluarkan Bank 2,5% diserahkan ke bendara atau UPZ bagian keuangan. Lalu, barulah di salurkan ke Baznas Provinsi.

Menurutnya, sejauh ini penerapan zakat penghasilan di Kemenag Babel berjalan baik dan belum ada komplain dari ASN. Sebab, kesadaran terhadap pentingnya berzakat telah ditanamkan sejak awal kepada seluruh pegawai. Selain itu, adanya UPZ juga membantu mengingatkan dan memudahkan membayar zakat.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel itu berharap program Kemenag, Baznas, maupun Badan/Lembaga lainnya dalam mensosialisasikan dan mengajak masyarakat sadar zakat dapat berjalan efisien. Ia juga menyampaikan besok dilaksanakan dialog terkait Zakat dan Wakaf.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help