Zakat Penghasilan Dorong Pengentasan Kemiskinan

Zakat penghasilan memungkinkan dalam mendorong pengentasan kemiskinan dan membantu warga kurang berobat dan dana pendidikan.

Zakat Penghasilan Dorong Pengentasan Kemiskinan
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel, Rebuan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel, Rebuan menilai adanya zakat penghasilan memungkinkan dalam mendorong pengentasan kemiskinan dan membantu warga kurang berobat dan dana pendidikan.

Sebab, Baznas mempunyai sejumlah program seperti rumah sehat. Lalu, menerima proposal terkait dana pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

“Kami telah menghimbau tahun ini Baznas, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota mendata secara lengkap jumlah mustahig dan sampel yang diberikan bantuan modal usaha. Diharapkan penerima zakat dapat dipantau dan berkembang menjadi lebih mandiri,” jelas Rebuan kepada Bangkapos, Senin (19/2/2018).

Sebab, sejauh ini belum ada pantauan berdasarkan data penerima bantuan modal usaha yang disalurkan oleh Baznas.

Sehingga, perlu lebih maksimal lagi dalam menyakinkan Baznas memberikan data teretas kemiskinan dan bantuan diberikan. Ia berharap tahun ini program tersebut dapat terlaksanakan.

“Perihal zakat sudah lama dihimbau Presiden kepada seluruh kementrian dan instansi. Selain itu, memang ada perjanjian kinerja berapa zakat yang bisa terhimpun. Datanya juga akan ditanyakan oleh pihak DPR,” ungkap Rebuan.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help