Home »

Lokal

» Bangka

Dermaga Feri Kayuarang Kini Terbengkalai

Dermaga untuk transportasi penyeberangan tersebut, juga pernah membuat Desa Kayuarang mengalami kejayaan, terutama dari sisi sektor perekonomian

Dermaga Feri Kayuarang Kini Terbengkalai
(Bangkapos/riyadi)
TERBENGKALAI -- Dermaga Ferry di Desa Kayuarang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat ini, di tahun 80 an lalu pernah mengalami kejayaan untuk mendukung transportasi sungai-laut dari Pulau Bangka-Sumsel atau sebaliknya. Kini nasib dermaga itu makin terlantar dan terbengkalai. Foto Kamis (16/2/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dermaga Feri di Desa Kayuarang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat ini, di tahun 80 an lalu, pernah sebagai ramai oleh keluar masuknya kapal penumpang yang berlayar dengan rute Sumatera Selatan-Kayuarang Kabupaten Bangka.

Dermaga untuk transportasi penyeberangan tersebut, juga pernah membuat Desa Kayuarang mengalami kejayaan, terutama dari sisi sektor perekonomian masyarakat.

Namun sejak tahun 1982 dermaga tersebut mulai tidak berfungsi lagi, untuk mendukung transportasi sungai-laut dari Pulau Bangka-Sumsel atau sebaliknya.

Apalagi saat ini, nasib dermaga itu makin terlantar dan terbengkalai. Kondisinya tak terawat dan banyak rusak, termasuk areal terminal pelabuhan penumpangnya juga mengalami nasib yang sama.

Kades Kayuarang Alatas mengatakan, dermaga feri Kayuarang sekarang hanya dimanfaatkan untuk kepentingan nelayan, itupun tidak optimal.

"Ya kondisinya seperti itu, tak terawat. Digunakan nelayan tapi hanya gitu-gitu saja, nggak optimal, nelayan lebih optimal menggunakan dermaga apung di Kekunyit," ujar Alatas kepada bangkapos.com Selasa (19/2/2018).

Warga dari luar Desa Kayuarang Marin menyebutkan, selama ini sering memancing ke Sungai Kayuarang (DAS Jering), tapi lebih memilih melalui dermaga Ke kunyit daripada Dermaga Ferry.

"Naik turun di dermaga ferry sudah susah, bangunannya banyak hancur, lewat dermaga Ke kunyit lebih nyaman," kata Marin.

Penulis: riyadi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help