Pendangkalan Alur Muara Pelabuhan Bisa Jadi Bom Waktu

ada keinginan juga agar izin PT Pulomas ditinjau ulang. Selama ini dari sekian tahun mulai dari 2012 sampai sekarang hanya

Pendangkalan Alur Muara Pelabuhan Bisa Jadi Bom Waktu
Bangkapos/Nurhayati
Tri Ari Wibowo 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat Tri Aris Wibowo mengatakan pendangkalan alur muara pelabuhan setiap tahun selalu terjadi.

Untuk mengatasi pendangkalan alur muara tersebut pihaknya bekerjasama dengan PT Pulomas yang melakukan pengerukan alur muara.

Diakuinya, PT Pulomas memang diberikan kewenangan sesuai izin yang diberikan oleh Bupati Bangka untuk melakukan pengerukan alur muara pelabuhan PPN.

"Jadi kalau hal-hal terkait dengan pedangkalan menurut hemat kami itu tugas Pulomas untuk bisa menanggulangi karena sudah diberikan izin untuk melakukan itu. Lokasinya memang menjadi wilayah kami tetapi perlu diketahui bahwa izin pertama diberikan sebelum lahan ini dihibahkan kepada kami. Sebelum dihibahkan sudah ada PT Pulomas," jelas Tri saat dikonfirmasi wartawan terkait dengan keluhan nelayan terhadap pendangkalan alur muara pelabuhan, Rabu (21/2/2018) di PPN Sungailiat.

Disatu sisi pihaknya merasa terbantu dengan keberadaan PT Pulomas yang melakukan pengerukan alur muara pelabuhan, tetapi disisi lain ketika perusahaan tersebut tidak sanggup melakukan pengerukan, maka PPN juga terbebani.

Untuk itu pihaknya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan mendorong PT Pulomas melakukan upaya pengerukan sebagaimana dalam surat perjanjian dengan Pemkab Bangka.

Untuk membahas mengenai pendangkalan alur muara pelabuhan menurut Tri, pada tanggal 9 Februari 2018 lalu PPN menggundang PT Pulomas, PT Timah Tbk, pihak nelayan, polair,  Dinas Perikanan dan Kelautan Babel  dan Dinas Perikanan Bangka. 

Dalam pertemuan tersebut pihak nelayan menyampaikan pendangkalan alur muara pelabuhan ini akan menjadi bom waktu.

Oleh karena itu PT Pulomas didorong untuk melakukan pengerukan. 

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved