Bolak-balik Berobat ke Singapura, Penyidik KPK Novel Baswedan Pulang dengan Mata Diimplan

"Tekanan di mata saya sudah lebih stabil, karena pada saat operasi mata kiri saya dipasang implant glaukoma teupey," ungkap Novel

Bolak-balik Berobat ke Singapura, Penyidik KPK Novel Baswedan Pulang dengan Mata Diimplan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan memberikan keterangan saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/2/2018). Penyidik KPK Novel Baswedan kembali ke Indonesia setelah menjalani pengobatan di Singapura untuk melakukan penyembuhan matanya yang disiram air keras. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Penyidik KPK Novel Baswedan akan kembali ke Jakarta pada Kamis (22/2) siang ini pasca-sepuluh bulan menjalani rangkaian operasi mata di Singapura akibat serangan air keras.

Menurut Novel, kekhawatiran dampak tekanan udara di pesawat terhadap mata kirinya bisa diantisipasi oleh tim dokter setelah dilakukan implantasi glaukoma teupey.

"Tekanan di mata saya sudah lebih stabil, karena pada saat operasi mata kiri saya dipasang implant glaukoma teupey," ungkap Novel melalui whatsapp, Rabu (21/2).

Novel menceritakan, implan tersebut dipasang di mata kirinya oleh tim dokter saat operasi di General Hospital Singapore, pada 12 Februari 2018.

Baca: Merasa Dipermalukan, Fredrich Yunadi Menolak Pakai Rompi Tahanan KPK

Implan glaukoma adalah alat berupa lempengan kecil yang diletakkan di bawah selaput bening mata atau konjungtiva.

Fungsinya untuk membantu membentuk saluran penampungan cairan atau menurunkan tekanan bola mata.

Pemulihan pasca-implantasi pada mata terbilang lama dan bisa terganggu jika pasien mendapat tekanan udara di pesawat dan paparan zat lainnya.

"Saran dokter, harus dihindari terpapar debu (pasca-operasi), khawatir infeksi," jelasnya.

Menurut Novel, kondisi kedua matanya belum pulih seperti semula meski telah diizinkan pulang ke Indonesia. Bagian mata kirinya tertutup selaput pasca-operasi tambahan sepekan yang lalu.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved