Perayaan Imlek Diisi Budaya Penghormatan Terhadap Orangtua

Budaya penghormatan kepada orang tua ini adalah salah satu bentuk pendidikan karakter

Perayaan Imlek Diisi Budaya Penghormatan Terhadap Orangtua
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
Acara Budaya Penghormatan Kepada Orang Tua 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Lampion merah tergantung indah di sepanjang gerbang masuk hingga menuju ke sebuah panggung yang terletak di sebelah gedung Sekolah Kristen Kalam Kudus Pangkalpinang Jumat, (23/02/2018) pagi.

Suara musik oriental dan anak-anak sekolah mulai dari Play group hingga Sekolah Menengah Pertama yang mengenakan busana bernuansa imlek dan berwarna merah, membuat acara Perayaan Tahun Baru Imlek ini semakin meriah.

Salah satu agenda acara ini adalah Budaya Penghormatan Kepada Orang Tua yang bertujuan agar mendidik karakter anak-anak untuk selalu menghormati dan menyayangi orangtua.

Acara ini dihadiri oleh Ooziduhu Halawa selaku koordinator lokasi, Alvin selaku Badan Pengurus Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Jakarta, Rosdiana sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan serta beberapa orang tua murid.

Ooziduhu menyampaikan bahwa perayaan ini didesain dengan beberapa acara, seperti bazaar, perlombaan antar siswa dan pengenalan budaya rakyat tionghoa dalam penghormatan kepada orang tua.

"Budaya penghormatan kepada orang tua ini adalah salah satu bentuk pendidikan karakter. Hal ini juga sesuai dengan perintah Tuhan yakni 'Hormatilah ayahmu dan ibumu supaya panjang umurmu di dunia ini'. Dari budaya ini kita mencoba untuk mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari anak-anak sebagai bentuk ketaatan kita terhadap firman Tuhan" ujar Ooziduhu ketika ditemui di sela-sela acara.

Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Rosdiana yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan acara ini sangat positif baik untuk para guru, orang tua dan murid-murid sendiri.

"Menurut saya acara ini sangat bagus, membantu menanamkan kepada anak sejak dini pentingnya menghormati kedua orang tua dan agamanya. Jadi nanti ketika sudah dewasa mereka memiliki tanggung jawab yang besar terhadap agama dan keluarga," ungkapnya.

Siska dan Sudarso, orang tua murid bernama Welby mengaku sangat senang adanya program ini karena selain memberikan hiburan kepada orang tua dan murid-murid, juga membantu anak menunjukkan bakat yang mereka miliki melalui perlombaan dan pertunjukan yang diadakan  sekolah. (q1)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help