Indentifikasi Langkah Awal Sebelum Branding Kuliner Babel

Peneliti di Bidang Pariwisata, Dr. Levyda, SE, MM. menjelaskan Gastronomi adalah seni atau ilmu makanan yang baik

Indentifikasi Langkah Awal Sebelum Branding Kuliner Babel
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si. dan Dr. Levyda, SE, MM saat menjadi narasumber FDG Indentifikasi Industri Wisata Gastronomi untuk peningkatan daya saing pariwisata di Babel. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Peneliti di Bidang Pariwisata, Dr. Levyda, SE, MM. menjelaskan Gastronomi adalah seni atau ilmu makanan yang baik.

Studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya atau seni kuliner.

“Melalui Gastronomy tourism kita membantu program Presiden RI, yaitu memberikan nilai tambah pada pertanian dan perikanan. Diplomasi kuliner untuk menguatkan posisi negara,” ungkap Levyda

Ia menyebutkan adanya kegiatan ini bertujuan membantu provinsi Bangka Belitung mengindentifikasi kuliner yang bisa menjadi unggulan wisata.

Baca: Wisatawan Harus Tahu 3 W Sebelum Datang ke Babel

Ia menilai berdasarkan survei sekilas lempah kuning berpotensi menjadi branding. Sebab, muatan lokal tinggi baik terutama dari bahan baku.

“Identifikasi sebagai langkah awal lalu setelah ditetapkan harus dilakukan promosi brand,” ungkap Levyda kepada Bangka Pos, Jumat (23/2).

Kedepannya, pengusaha harus memenuhi kriteria kualifikasi karena tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga manca negara bisa berkunjung.

Pemerintah mendukung, membuat website, dan menyediakan fasilitas lainnya. Ia berharap dapat menyampaikan hasil kajian guna mengangkat makanan khas Bangka ke taraf nasional maupun internasional.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help