Leisure Bangka Belitung

Ingin Nikmati Sensasi Pesta Rakyat Cap Gomeh, Ayo Datang Ke Puri Tri Agung

Puri Tri Agung juga menyediakan beragam kuliner pada pesta rakyat tersebut seperti lontong Cap Go Meh yang terinspirasi

Ingin Nikmati Sensasi Pesta Rakyat Cap Gomeh, Ayo Datang Ke Puri Tri Agung
Bangkapos/Nurhayati
Pagoda Puri Tri Agung, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Puncak pesta perayaan Imlek kembali digelar di Pagoda Puri Tri Agung, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Sabtu (3/3/2018) nanti dengan menyelenggarakan Pesta Rakyat Cap Go Meh. 

Pesta Rakyat Cap Go Meh ini dikemas dengan berbagai kesenian dan budaya Tionghoa yang ada di Bangka.

Untuk itu pihak Panitia Perayaan Cap Go Meh sudah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan acara untuk menghibur masyarakat daerah ini maupun masyarakat luar daerah yang datang ke Puri Tri Agung saat perayaan Cap Go Meh berlangsung.

Puri Tri Agung
Puri Tri Agung (bangkapos/feri)

Puri Tri Agung juga menyediakan beragam kuliner pada pesta rakyat tersebut seperti lontong Cap Go Meh yang terinspirasi dari hidangan ketupat, merupakan makanan khas pada acara Cap Go Meh, jajanan khas Bangka Thew fu fa, Bubur Kacang Tanjung Pesona, kopi dari TOP Kopi, Kopi Kapal Api dan air minum kemasan BOLESA yang  dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis.

"Kami juga  mengelar berbagai bentuk pagelaran kesenian dan budaya akan dilengkapi dengan sajian seni gelaran asal Tionghoa," kata Yohannes Then selaku Penanggung Jawab Pesta Rakyat Cap Go Meh melalui rilisnya kepada bangkapos.com, Minggu (25/2/2018).

Atraksi yang disuguhkan yakni Wushu Shaolin yang dipersembahkan oleh Biksu Dhaolin Temple Quanzhou Fujian Tiongkok Seni Chinese Caligraphy, pameran lukisan Tiongkok dan ukiran kayu  Tiongkok. 

Selain itu juga ada Atraksi Tonggak dari Barongsai Bodhi Darma Shaolin salah satu perkumpulan Barongsai dari Sungailiat yang sudah berprestasi menjadi juara pertama tingkat dunia Kejuaraan Barongsai Tonggak di Ancol Indonesia pada Oktober tahun 2016 yang dipimpin Rizki Surya Putrama merupakan putra asli kelahiran Bangka. 

"Acara Cap Go Meh kali ini dilengkapi pula dengan kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Sinshe  yang juga diberikan secara gratis kepada pengunjung, sebagai bentuk kepedulian pengurus Puri Tri Agung kepada masyarakat," ungkap Yohannes. 

Sebagai puncaknya, acara Cap Go Meh  Puri Tri Agung dimeriahkan dengan menghadirkan beberapa artis nasional antara lain, Tommy Ali, Selfi KDI, Chisty Febika, Dewi Faradillah, dan Bella Nafa.

Yohannes berharap, seni perhelatan yang ditampilkan tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri, tetapi juga menggambarkan adanya persatuan nasional yang diperlihatkan dalam bentuk kekayaan budaya bangsa. juga sebagai pemberdayaan masyarakat sekitar  sebagai basis ekonomi pariwisata dibangka belitung. 

Untuk itu ia bekerja sama dengan pihak kepolisian Polda Babel dan Polres Bangka yang dibantu oleh Laskar Sekaban yang untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pesta Rakyat Ca Gomeh Berlangsung.

Demi kelancaran acara ini pihak panitia juga menyediakan lima titik lahan parkir gratis bagi para pengunjung didaerah sekitar Puri Tri Agung, diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kendaraan keluar masuk yang tidak beraturan dan menghalangi badan jalan demi keamanan kenyamanan dan kelancaran acara Cap Go Neh tahun ini. 

"Panitia juga berharap partisipasi dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta mengsukseskan acara Perayaan Cap Go Meh Puri Tri Agung tahun 2018," harap Yohannes.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help