Erzaldi Minta PPL Profesional dan Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung meminta agar para Petugas Penyuluh Lapangan lebih dekat ke masyarakat

Erzaldi Minta PPL Profesional dan Lebih Dekat Dengan Masyarakat
Bangka Pos / Krisyanidayati
Gubernur Babel berdialog bersama para PPL di ruang rapat Pasir Padi, Senin (26/2/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung meminta agar para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk lebih dekat ke masyarakat dan memetakan kendala yang dihadapi di masyarakat.

"Tenaga penyuluh itu inisator yang menginisiasi para petani, berikan sosialisasi kepada mereka misalnya nanam sahang bisa tinggi 4 meter kasih tau tajar hidupnya, PPL juga memfasilitasi dengan penyediam Saprodi Pertanian misalnya, dan yang terakhir memotivasi," kata Erzaldi dihadapan para penyuluh di Ruang Rapat Pasir Padi, Senin (26/2).

Dalam pertemuan itu juga dihadiri, kepala dinas pertanian Babel, Toni Batu Bara, Guru Besar Perlindungan Tanaman Universitas Gajah Mada, Bambang Hadi Sutrisno dan penyuluh pertanian, perikanan, perindustrian dan perdagangan, kehutanan, koperasi dan UMKM se Babel.

Erzaldi mengatakan PPL haru memiliki kemampuan dasar baik itu penyuluh pertanian, perdagangan, koperasi dan UMKM sehingga bisa menyampaikan dengan tepat dan baik sesuai dengan kondisi masyarakat.

"Misalnya PPL Pertanian harus tau memilih bibit lada yang baik, harus tau pupuk apa yang harus diberikan, komposisi pupuk, cara nyemprot racun, dan ini harus disampaikan ke masyarakat dengan caranya mereka, jangan hanya ke kebun petani pegi sebentar. Pegi jam istirahat bawa nasi sendiri makan sama-sama dengan petani," katanya.

Ia mengingatkan agar PPL barus profesional dalam menjalankan tugas. Dalam pelaksanaannya dirinya menginginkan agar antar PPL saling bersinergi.

"PPL itu harus profesional, jangan sampai nanti ketika ditanya orang macem mana nanam dan pupuk lada enggak tau, sehingga perlu brainstroming harus tau dan bersinergi antara PPL satu dengan PPL lainnya perindag, koperasi dan KUM, dan kehutanan," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved