Mardan Sebut ada 9 Perusahaan Pemegang Izin HTI Bermasalah

Wakil Pansus HTI, DPRD Babel, Mardan mengatakan ada 9 perusahaan pemegang izin HTI di Bangka Belitung cacat prosedur atau bermasalah

Mardan Sebut ada 9 Perusahaan Pemegang Izin HTI Bermasalah
Bangka Pos / Hendra
Aksi massa menolak keberadaan HTI di Bangka Belitung yang disampaikan ke DPRD Babel dan Kantor Gubernur Babel beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Pansus HTI, DPRD Babel, Mardan mengatakan ada sembilan  perusahaan pemegang izin HTI di Bangka Belitung yang  bermasalah.

Hal ini diketahui saat dilakukan dengar pendapat pansus HTI dengan perwakilan masyarakat terdampak HTI dan instansi terkait.

“Dari tahun 2009 sampai Desember 2017, ada 9 perusahaan pemegang izin HTI bermasalah. Mereka ada yang tidak melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang keberadaan HTI-nya,” kata Mardan yang merupakan politisi Demokrat dari Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Senin (26/2/2018).

Sementara dari hasil pertemuan dengan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI, kata Mardan gubernur memang tidak bisa mencabut izin perusahaan pemegang HTI tersebut.

Akan tetapi gubernur bisa mencabut izin lingkungan perusahaan yang dampaknya otomatis membatalkan izin HTI.

“Kalau gubernur mencabut izin lingkungan perusahaannya, izin HTI otomatis bisa batal, karena cacat prosedur. Untuk menolak HTI di Babel, kementrian menyarankan gubernur mencabut izin lingkungan perusahaan, baru kementrian bisa membatalkan izin HTI itu,” kata Mardan.

Karenanya Pansus HTI akan menyampaikan hasil pertemuan tersebut ke pimpinan DPRD Babel dan merekomendasikan gubernur untuk mencabut izin lingkungan pemegang HTI agar izin HTI-nya batal.(*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved