Advertorial

Pariwisata Jadi Penunjang Ekonomi Bangka Belitung

Pariwisata Bangka Belitung (Babel) menjadi satu diantara sektor penentu ekonomi masyarakat

Pariwisata Jadi Penunjang Ekonomi Bangka Belitung
Bangka Pos/Idandi Meika Jovanka
Foto bersama Focus Ggroup Discussion identifikasi wisata gastronomi Bangka Belitung. 

BANGKA POS - Pariwisata Bangka Belitung (Babel) menjadi satu diantara sektor penentu ekonomi masyarakat. Berbagai upaya terus dilakukan guna memaksimalkan potensi tersebut.

Untuk mengoptimalkan wisata kuliner, atas inisiatif dari Kadin Babel didukung Anggota DPD RI Bahar Buasan, serta GIPI, Pemprov Babel dan Sahid Universitas, digelar Focus Group Discussion (FDG) Indentifikasi Industri Wisata Gastronomi, guna peningkatan daya saing pariwisata di Babel.

Kegiatan itu mengundang dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si. dan Dr. Levyda, SE, MM.

Keduanya akan melakukan kajian terkait Gastronomi di Babel, yang dapat diangkat menjadi branding.

Hadir juga Ketua GIPI Babel Johan Ridwan Hasan beserta jajarannya, Kadin Provinsi Kep Bangka Belitung diwakili Bambang Patijaya, perwakilan pemerintah daerah , serta, pelaku pariwisata, UMKM dan media.

Anggota DPD RI, Bahar Buasan yang juga wakil Ketua Kadin Bidang Pariwisata mengatakan ada lima sektor wisata yang bisa dikembangkan di Babel yaitu wisata pantai bahari, sejarah, religius, kuliner, dan sosial.

Umumnya, dari keseluruhan biaya wisata di Indonesia ada 20 persen untuk kuliner. Lalu, ia menilai khusus di Babel bisa mencapai lebih dari 30 persen, sebab kerajinan souvenir masih belum banyak.
Sehingga menjadi peluang, dari Ekonomi yg berbasis tambang beralih ke Ekonomi alternatif Babel 3 + 2 :
1. Pertanian / perkebunan,
2. Perikanan / kelautan.
3. Pariwisata.
3 sektor bergerak diikuti 2 sektor selanjutnya :
4. Perdagangan & jasa
5. Industri

“Peluang yang baik bagi pengusaha dan UMKM sehingga pemerintah berserta seluruh pihak terkait sangat mendorong kemajuan,” ung­kap Bahar Buasan kepada Bangka Pos, Jumat (23/2).

Ia mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan informasi dan edukasi kepada pengusaha dan UMKM terkait peluang yang bisa dikembangkan.

Harapannya seluruh pihak terkait dapat saling bersinergi meningkatkan pariwisata Babel Ketua GIPI Babel, Johan Ridwan Hasan menilai adanya kegiatan indentifikasi wisata Gastronomi sangat penting dan baik.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved