Maksimalkan Peran Polhut, Dinas Kehutanan Tambah 14 Personil Pamhut

Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung maksimalkan Peran polisi hutan (polhut) dalam menjaga keamanan hutan.

Maksimalkan Peran Polhut, Dinas Kehutanan Tambah 14 Personil Pamhut
istimewa
Foto bukti truk yang mengangkut kayu- kayu besar hasil pembalakan liar 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Adinda Rizki Amanda

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung maksimalkan Peran polisi hutan (polhut) dalam menjaga keamanan hutan.

Kegiatan ilegal logging yang baru terjadi di bulan Febuari ini menjadi perhatian khusus dinas kehutanan dalam mengecilkan angka pembalakan liar di Bangka Belitung.

Dalam kunjungan Kepala Dinas Kehutanan Marwan ke Bangka Pos, ia mengungkapkan akan menambah 14 personil Pengamanan Hutan (Pamhut) tahun ini, Selasa (27/02/2018).

Dari catatan dinas kehutanan bahwa luas hutan di wilayah Bangka Belitung ada sekitar 659.014 hektar yang harus diawasi oleh 30 Polhut yang tersebar.

Dari 30 Polhut ini, ada sekitar 14 polhut ditempatkan di Bangka, dan 16 polhut di Belitung. Mengingat pembalakan liar semakin marak terjadi. Maka Dinas Kehutanan akan menambah 14 personil pengamanan hutan (Pamhut).

Setelah kasus Ilegal logging di Gunung Maras, Dinas Kehutanan akan menekan semua Polhut untuk lebih keras mengawasi hutan di Bangka Belitung.

Hutan yang menjadi prioritas pengawasan ini yaitu hutan konservasi yang luasnya sekitar 35.472.00 ha dan ada sekitar 189.957.00 ha hutan lindung untuk seluruh wilayah Bangka Belitung.

"Saya akan menambah 14 personil pengamanan hutan (pamhut) dengan memberdayakan honorer yang ada di Dinas Kehutanan dalam membantu Polhut mengintai, menjaga dan mengawasi hutan-hutan," ungkap Marwan kepada bangkapos.com, Selasa (27/2/2018) saat memberikan klarifikasi tentang pemberitaan yang berjudul "Dishut Rekrut Pamhut 14 Orang" di kantor Bangka Pos.

Bersama Kesatuan Pengolah Hutan (KPH), Polisi Hutan dan Badan hukum, Dinas kehutanan akan selalu berupaya menjaga keamanan hutan agar pembalakan liar yang terjadi tidak terulang kembali. Marwan juga mengungkapkan harapannya kepada semua warga Bangka Belitung untuk bersama-sama menjaga hutan.

"Menjaga keamanan hutan bukan hanya peran dari kami saja, melainkan semua warga Babel harus memiliki peran yang aktif dalam menjaga hutan yang bebas dari pembalakan liar," katanya. (Q3)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help