Banyak Ikan dari Babel yang Diekspor, Ternyata Bebas Biaya

Tidak ada bea cukai kepada ekspor Ikan, dengan tujuan melindungi industri dalam negeri

Banyak Ikan dari Babel yang Diekspor, Ternyata Bebas Biaya
Bangka Pos/Suharli
Humas kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai Pangkapinang Rohman 

Laporan wartawan Bangka Pos suharli

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Bangka Belitung (Babel) kaya akan berbagai jenis ikan. Ikan-ikan ini ternya tidak hanya di konsumsi untuk lokal, tapi juga di ekspor keluar negeri.

Untuk proses ekspor ternyata tidak dikenakan biaya, seperti yang disampikan Humas Bea cukai Pangkalpinang Rohman saat ditemui di kantornya, Kamis (1/3/2018).

Rohman mengatakan  pihaknya tidak mengenakan bea cukai kepada ekspor Ikan, dengan tujuan melindungi industri dalam negeri. 

Ia menjeaslkan ekspor ikan dari pulau Bangka sendiri mengalami peningkatan, pada tahun 2016 yang pengiriman ikan keluar negeri mencapai 2.510 ton. Jumlah meningkat pada tahun 2017 yang menjadi 3.539 ton.

Dijelaskan Rohman meningkat ekspor ikan dikarenakan permintaan dari luar negeri cukup banyak. Menurutnya peraturan ikan ekspor tidak termasuk dalam kategori bea cukai atau nol persen, tujuannya untuk melindungi industri dalam negri" ungkap Humas Bea cukai Pangkalpinang.

Ekspor ikan sendiri dikirim ke Malaysia, Singapura dan Australia , untuk mengirim ke Malaysia dan Singapura digunakan jalur laut melalui Pangkalbalam sedang untuk sampai ke Australia digunakan sistem pengiriman multi.

Jenis ikan yang dikirim meliputi, mayong, bawal, kerapu, udang lobster, kakap,sembilang, semangin dan kepiting.

Roman juga menjelaskan tugas Beacukai sendiri dalam ekspor ikan ini mendampingi pengawasan dan pelayanan pengiriman, dari dokumen, jumlah, tujuan, jenis ikan, pemuatan dan waktu pengiriman. untuk memastikan cocok tidaknya kondisi fisik dengan dokumen. (*)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved