Bupati Bateng dan BUMDes Kulur Makmur Panen Bawang Merah

Bawang merah diharapkan bisa menjadi andalan warga Desa Kulur untuk meningkatkan pendapatan perekonomian.

Bupati Bateng dan BUMDes Kulur Makmur Panen Bawang Merah
Bangka Pos
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh melakukan panen bawang merah bersama BUMDes Kulur Makmur di Desa Kulur, Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (28/2) siang. 

LUBUK BESAR, BANGKA POS - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh melakukan panen bawang merah bersama BUMDes Kulur Makmur di Desa Kulur, Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (28/2) siang.

Luas lahan yang ditanami bawang 1/4 Hektare, dengan bibit yang ditanam 200 kilogram dan direncanakan menghasilkan dua ton bawang merah.

Pj Kades Kulur Abdul Woni mengatakan bahwa panen bawang merah ini merupakan produk unggulan Desa Kulur sehingga kedepannya diharapkan bisa menjadi andalan warga Desa Kulur untuk meningkatkan pendapatan perekonomian.

“Ini akan terus kami kembangkan beserta BUMDes dan kelompok kami artinya Desa Kulur akan jaya dengan bawang merah ini. Bukan di daerah Jawa saja rupanya bisa menanam bawang, tetapi itu juga terjadi di Desa Kulur Bangka Tengah. Hal ini juga bisa menjadi inovasi bagi masyarakat, untuk menambah penghasilan warga dan kelompok tani,” kata Abdul Woni kepada wartawan, Rabu (28/2).

Abdul menambahkan dengan keberhasilan dan semangat warga yang ingin menanam bawang merah tentunya akan memberikan solusi meningkatkan perekonomian kedepannya.

“Beranggapan selama ini hanya tanaman karet dan lada yang harganya murah, tetapi ditengah kesulitan itu ada solusi lain untuk menambah peningkatan perekonomian kita kedepan dan saat ini, tentunya dengan bimbingan yang terus dilakukan oleh Pemda Bangka Tengah,” lanjutnya.

Direktur Bumdes Desa Kulur, Imran mengatakan dengan hasil ini dirinya mencoba dan membuktikan bahwa Desa Kulur bisa menghasilkan serta mengembangkan tanaman bawang merah yang akan memberikan PAD warga Desa Kulur.

“Ini kita coba dan buktikan bahwa bawang merah bisa tumbuh dengan menggunakan teknik yang baik dan pantang menyerah. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada penyuluh dan pihak Dinas Pertaniaan, Ketua Gapoktan dan kelompok tani, karena telah bekerjasama dengan BUMdes. Semoga ini bisa berkembang hingga nanti dan bisa memberikan PAD desa,” paparnya.

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh melakukan panen bawang merah bersama BUMDes Kulur Makmur di Desa Kulur, Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (28/2) siang.
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh melakukan panen bawang merah bersama BUMDes Kulur Makmur di Desa Kulur, Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (28/2) siang. (Bangka Pos)

Bupati mengucapkan pihak pemerintah daerah akan terus mendukung dan membantu kegiatan yang dilaksanakan oleh BUMDes Desa Kulur, demi menciptakan peningkatan perkonomian daerah.

“Kita akan bersemangat membantu seperti peralatan mesin dan bantuan lainnya. Apabila nanti perlu mengundang BI agar dapat bantuan nantinya. Program ini hendaknya diteruskan, kalau perlu ada peternakan sapi agar nanti ada pupuk kompos dan tidak menggunakan pupuk lain,” ujarnya.

Bupati berharap agar Direktur BUMDes seperti ini terus dipertahankan karena terus memberikan semangat agar bisa mengembangkan usaha menanam bawang merah ini.

“Kalau direktur bagus berikan kesempatan terus jangan berhenti. Kalau melihat semangat untuk memajukan. Program ini kita teruskan agar berhasil. Kalau dihitung penghasilannya harus Rp 2 juta per orang per bulan, kalau cuma Rp 1 juta se bulan ditinggal orang, harus di atas Rp 2 juta,” jelasnya. (Advertorial/n4)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help