Tahun ini Ada 52 Paket Pelatihan di BLKI

Kalau dulu diprioritaskan untuk yang lulus SMK tapi sekarang tidak, dari usia 15 tahun yang putus sekolah sampai

Tahun ini Ada  52 Paket Pelatihan di BLKI
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Bengkel pelatihan otomotif BLKI Bangka Belitung 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasi Pelatihan BLKI, Ari Fadillah seiizin kepala BLKI Babel, Saipul mengatakan tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan 43 paket pelatihan BLKI dari APBN dan 9 paket dari APBD.  

"Tahun ini Babel ada 43 paket pelatihan APBN, ada 9 paket APBD. Kalau APBD 6 paket kita sebar ke kabupaten/kota. Mobile training unit pelatihan namanya," ujarnya, Jum'at (2/3/2018).

Menurutnya, pihaknya lebih mengutamakan peserta pelatihan usia-usia produktif untuk diberikan pelatihan.

"Kalau dulu diprioritaskan untuk yang lulus SMK tapi sekarang tidak, dari usia 15 tahun yang putus sekolah sampai usia produktif sekitar 35 tahun masih bisa, tergantung hasil tesnya," katanya. 

Ia mengatakan pelatihan di BLKI, lebih dominan untuk praktek. Waktu pelatihan setiap kejuaraan juga berbeda tergantung dengan modul. 

"Disini sistem belajarnya 30 persen teori, 70 persen praktek. Waktu belajarnya dari 160-360 jam. 1 hari itu belajar 10 jam. Kalau dihitung waktu sekitar 6 bulan, mereka juga akan diuji dan nanti ada sertifikat, nilai sertifikatnya tergantung hasil belajar mereka seperti rapot lah," katanya. 

Ia berharap dengan semakin banyaknya, peserta yang lulus pelatihan BLKI dapat mengembangkan atau membangun usaha sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

"Kita berharap mereka ini bisa bekerja di sektor informal, dan bisa menciptakan wirausaha baru. Kita juga akan coba jalin kerjasama dengan instansi terkait untuk permodalan, karena kendala mereka ini biasanya modal ketika lulus," tutupnya. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved