VIDEO: Kapal Kargo Tujuan Kepri Terbakar di Tengah Laut Bangka, Membawa Puluhan Kendaraan

Api setidaknya menghanguskan 17 mobil dan barang kelontong yang dibawa kapal tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

BANGKAPOS.COM, TOBOALI - Kapal cargo, KM Michael Putra terbakar di perairan selatan Pulau Bangka, Rabu (28/2). Api setidaknya menghanguskan 17 mobil dan barang kelontong yang dibawa kapal tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang juga menghanguskan sebagian badan kapal itu. Sebanyak 16 Anak Buah Kapal (ABK) dan dua penumpang diselamatkan nelayan Sukadamai, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Kabag Ops Polres Basel, Kompol Erlichson mengatakan KM Michael Putra diketahui bertolak dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, pada Selasa (27/2) pukul 20.30 WIB. Kapal yang dinakhodai Nuraini (40) itu berlayar membawa 17 mobil, 36 sepeda motor, dan barang kelontong.

“Kru list sebanyak 18 orang, dimana 16 ABK dan dua penumpang,” kata Erlichson kepada wartawan, Kamis (1/3).

“Lalu pada hari Rabu, pukul 17.00 WIB pada posisi 03'16"500 S 106'52"500 E, tiba-tiba dari dalam kapal keluar asap dari Palka yang diketahui oleh juru mudi bernama Furqon dan dilakukan pengecekan kedalam palka dan diupayakan melakukan tindakan pemadaman,” lanjutnya.

Namun upaya pemadaman tidak berhasil. Api cepat membesar dan terdengar ledakan dari dalam palka.

“Selanjutnya pukul 21.00 WIB Nakhoda kapal Nuraini memerintahkan seluruh ABK kapal untuk peran peninggalan dengan menggunakan Liferaft kapal dan sebagian menceburkan diri ke laut," kata Erlichson.

Sempat terapung selama kurang lebih 30 menit, Erlichson menyebut seluruh ABK dan penumpang diselamatkan kapal nelayan milik Sarifudin, warga Sukadamai, Toboali.

"Malam tadi sekitar pukul 01.30 WIB seluruh ABK KM Michael putra tiba di Sukadamai, Toboali, dan dilakukan pendataan serta dimintai keterangan oleh danposmat," ujarnya.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Bambang Kusnarianto mengaku pihak sempat datang ke Danposmat dan membawa seluruh ABK dan penumpang ke rumah sakit untuk mendapat pemeriksaan medis. Dia juga mengatakan, pihaknya masih terus melakukan penyidikan untuk penyebab terbakarnya KM Michael Putra.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help