Kualitas Durian Mesu Tak Kalah dari Daerah Lain

Festival Durian Air Mesu untuk memperkenalkan durian asli Desa Mesu yang tidak kalah kualitasnya dengan daerah lainya.

Kualitas Durian Mesu Tak Kalah dari Daerah Lain
Bangkapos.com/Riki Pratama
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh saat menghadiri Festival Durian di Lapangan Bola Desa Mesu, Sabtu (3/3) siang. 

PANGKALANBARU, BANGKA POS - Pemerintah Desa Air Mesu, Kecamatan PangkalanBaru Kabupaten Bangka Tengah menggelar Festival Durian di Lapangan Bola Desa Mesu, Sabtu (3/3) siang.

Dalam festival tersebut ditampilkan berbagai jenis durian yang ada di Desa Mesu. Rasa durian dan ketebalan isi menjadi faktor utama dalam penilaian.

Selain memamerkan durian, dalam kegiatan itu panitia juga membuka stan UMKM yang menampilkan produk asli desa setempat.

Terlihat ratusan masyarakat berada di Lapangan Bola Desa Mesu. Meski teriknya panas matahari acara festival durian tetap berlangsung semarak.

Masdi, Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan, tujuanya dalam upaya untuk memperkenalkan durian asli Desa Mesu yang tidak kalah kualitasnya dengan daerah lainya.

“Kita lombakan dua kelas, untuk berat 1 kilogram keatas dan 1 kilogram kebawah. Sementara untuk penilaiannya kita telah mempersiapkan juri yang kompeten, sehingga kami tidak ada intervensi, apakah ada setingan dan rekayasa. Semuanya kita serahkan ke juri yang telah kompeten,” kata Masdi kepada wartawan, Sabtu (3/3).

Masdi menambahkan, dari Festival Durian ini diharapkan bisa melaksanakan mimpi warga Mesu, terdapat durian lokal agar nantinya memiliki sertifikat dan diakui kualitasnya.

“Dengan semangat kita ini tolong didukung oleh seluruh masyarakat, kita harapkan Festival Durian ini akan berjalan terus tiap tahunnya,” lanjutnya.

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperkenalkan durian asal Desa Mesu Bangka Tengah yang mempunyai keunggulan dengan durian lainnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah akan terus mendorong upaya pihak desa yang ingin memperkenalkan keunggulan dan kualitas durian asal Desa Mesu.

“Ini merupakan satu langkah untuk menjadikan buah lokal unggulan, baik di lokal maupun nasional. Ini sebagai pemicu, perlu dipublikasi dan diinformasikan durian yang unggul, semuanya berasal dari Desa Air Mesu,” kata Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Herry Erfian Rosman Johan, Anggota DPRD Bangka Tengah, kepala OPD, Kades Mesu, masyarakat Desa Mesu dan unsur muspida lainnya. (Advertorial/n4)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved