Pemkot dan DPRD Akan Buat Perda Retribusi Masuk Kawasan Wisata

Pemkot dan DPRD Pangkalpinang berencana membuat kembali peraturan daerah (perda) masuk kawasan wisata.

Pemkot dan DPRD Akan Buat Perda Retribusi Masuk Kawasan Wisata
Bangka Pos / Edwardi
Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dalam rangka memajukan bidang pariwisata dan meningkatkan pendapatan asli daerah, Pemkot dan DPRD Pangkalpinang berencana membuat kembali peraturan daerah (perda) masuk kawasan wisata.

Hal ini terungkap dalam rapat anggota Komisi II DPRD Kota Pangkalpinang dengan Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Senin (5/3/2018) di ruang Komisi II DPRD Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi usai rapat mengatakan pengelolaan pariwisata Pantai Pasir Padi Pangkalpinang selama ini hanya berlaku untuk retribusi parkir masuk pantai saja.

“Keinginan para anggota DPRD Pangkalpinang saat ini agar jangan hanya retribusi parkir masuk, melainkan dijadikan retribusi masuk kawasan pariwisata. Namun perda untuk melaksanakan hal ini belum ada, ada perda yang lama sudah dicabut,” kata Anggo.

Ditambahkannya, karena itu rencanannya tahun ini akan dibuatkan perda baru mengenai retribusi masuk kawasan wisata.

“Kalau kita berlakukan retribusi masuk kawasan wisata berarti hal itu berlaku untuk perorangan, mungkin saja retribusi yang didapatkan Pemkot Pangkalpinang akan lebih besar, karena selama ini yang dihitung itukan per kendaraan bukan per orangan. Untuk kendaraan motor Rp 2.000 dan mobil Rp 4.000,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, jadi kemungkinan bila diberlakukan retribusi masuk kawasan wisata diperkirakan hasilnya akan lebih banyak namun perdanya belum ada. Jadi saat ini masih berlaku Perda No. 17 Tahun 2011 tentang Retribusi Parkir Kawasan Pantai Pasir Padi.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help