Cegah Penyakit Degeneratif, Dinkes Pangkalpinang Fokuskan Program Germas

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Ristum Alamsyah mengatakan program kerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkalpinang

Cegah Penyakit Degeneratif, Dinkes Pangkalpinang Fokuskan Program Germas
Bangka Pos/ Edwardi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Ristum Alamsyah 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA –  Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Ristum Alamsyah mengatakan program kerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkalpinang tahun 2018 masih bersifat kegiatan rutin.

Seperti pelayanan kesehatan, pencegahan penyakit, program KB Kes (Keluarga Berencana Kesehatan) dan lainnya.

“Program kerja kita tahun 2018 ini hampir sama dengan program-program tahun yang lalu. Tapi dari semua program itu difokuskan kepada Germas atau Gerakan Masyarakat Sehat,” kata Ristum yang ditemui Bangkapos.com, Selasa (6/3/2018) di kantornya.

Menurutnya harapan program Germas ini dicanangkan pemerintah untuk lebih diaktifkan lagi. Karena Program Germas ini lebih menekankan kepada kegiatan untuk mencegah terjadinya penyakit.

“Kalau dahulu lebih banyak dicanangkan untuk program pengobatannya, tapi sekarang ini lebih difokuskan dengan kegiatan preventif atau pencegahan,” ujarnya.

Diungkapkannya, dulu banyak penyakit-penyakit yang bersifat menular, seperti diare, kolera, TBC, difteri dan penyakit infeksi menular lainnya.

Namun sekarang ini penyakit menular ini sudah bisa ditekankan.

“Jadi sekarang ini difokuskan pada pencegahan penyakit secara menyeluruh melalui Program Germas, salah satu dengan melakukan pola hidup sehat, olahraga, perbanyak makan buah, control kesehatan secara teratur, menghindari narkoba dan lainnya,” tukasnya.

Ditambahkannya, selain itu yang paling penting lagi saat ini adalah pencegahan penyakit-penyakit degenerative dan penyakit jiwa, dimana saat ini cenderung semakin meningkat.

“Saat ini banyak kita melihat orang sakit jiwa berkeliaran di jalanan. Selain itu penyakit degenerative, seperti diabetes, hipertensi, jantung, ginjal kronis saat ini banyak ditemukan di masyarakat, karena itulah pemerintah saat ini menggalakan Program Germas. Penyakit diabetes saat ini dari 10 orang terdapat 2-4 orang sudah terkena diabetes,” imbuhnya.

Diakuinya karena itu program dinkes dari pelayanan, preventif dan promotif mulai digiatkan, misalnya dengan memasang dan menyebarkan spanduk-spanduk yang berisi imbauan agar masyarakat peduli dengan kesehatan.

“Yang penting itu makan secukupnya dan jangan berlebihan. Sering melakukan olahraga yang teratur, sehari minimal setengah jam dalam seminggu minimal dua kali. Dengan rajin melakukan olahraga diharapkan bisa mencegah terjadi penyakit diabetes (gula), penyakit jantung dan ginjal.  Ini tadi saya barusan pulang melayat ada kerabat yang meninggal dunia karena penyakit ginjal,” tukasnya.

Dilanjutkannya, kegiatan senam sehat selama ini sudah jalan dan rutin dilakukan setiap hari Jumat, namun sekarang ini lebih banyak difokuskan kepada kegiatan kerja bakti di Kota Pangkalpinang.

“Memang masyarakat kita itu untuk memulai bergerak melakukan pola hidup sehat itu berat dan perlu ada motivasi, seperti adanya program car free day. Jadi sehat itu seperti mencari rejeki, jadi harus kita usahakan bukan dibiarkan begitu saja,” ujarnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help