Home »

Lokal

» Bangka

UBB Jadi Tuan Rumah Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara (Gembira) 2018

Kegiatan Gembira 2018 yang dihadiri oleh 64 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengangkat tema "Menyongsong

UBB Jadi Tuan Rumah Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara (Gembira) 2018
Bangka Pos / Deddy Marjaya
Kampus UBB 

 BANGKAPOS.COM, BANGKA – Mahasiswa Penerima Beaiswa Bidikmisi Perguruan Tinggi Negeri Wilayah 1 dan Wilayah 2 tumpah ruah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk mengikuti rangkaian kegiatan Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara (Gembira) 2018.

Peserta Gembira diterima langsung oleh Wakil Gubernur H. Abdul Fatah, dalam acara ramah tamah dan dinner yang diadakan di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Pangkalpinang, Senin (5/3) malam.

Kegiatan Gembira 2018 yang dihadiri oleh 64 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  yang mengangkat tema "Menyongsong Indonesia Emas 2045 Melalui Mahasiswa Bidikmisi dalam Meningkatkan Budaya Nusantara", dengan total peserta sebanyak 137 orang.

Pada kegiatan Bidikmisi Nasional tahun ini, Universitas Bangka Belitung (UBB) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara (Gembira) yang akan berlangsung dari tanggal 5 - 9 Maret 2018 mendatang, dengan rangkaian acara terdiri dari Seminar Nasional, Rakornas Wilayah I dan II, Lomba Cerita Inspiratif Nasional, Lomba Pidato Nasional, Lomba Debat Nasional, serta Field Trip.

Acara ramah tamah dan dinner dihadiri Wakil Gubernur H. Abdul Fatah, Rektor UBB Muh Yusuf, Wakil Rektor I UBB Ismed Inonu, Wakil Rektor II UBB Agus Hartoko, para Pimpinan dijajaran Rektorat dan Fakultas dilingkungan UBB, Pjs. Walikota Pangkalpinang H. Asyraf Suryadin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pariwisata se-Prov. Kep. Bangka Belitung, peserta Gembira serta tamu undangan dari dinas tekait di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Koordinator Wilayah 2 Permadani Diksi Nasional yang juga merupakan Ketua Umum Bidikmisi Nasional, Abdul Rohman (Mahasiswa UBB) diacara ramah tamah menyampaikan untuk kegiatan Gembira telah dilaksanakan 3 tahun berturut, yang pertama kegiatan Gembira Tahun 2016 dilaksanakan di Universitas Bengkulu, kegiatan Bidikmisi Nasional yang ke-2 tahun 2017 dilaksanakan di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, dan kegiatan ke-3 tahun ini Universitas Bangka Belitung (UBB) dipercaya untuk menjadi tuan rumah.

“Ini adalah suatu kebanggaan terkhusus bagi kita semua, bagi para panitia, bagi pengurus forum mahasiswa bidikmisi nasional, pengurus forum mahasiswa bidikmisi UBB, dan tak lupa ini juga sebagai anugrah untuk kami dari forum mahasiswa bidikmisi UBB, kami berikan kepada Rektorat UBB, dan ini suatu kebanggaan bagi kita semua,” terang Abdul Rohman.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan Gembira 2018 antara lain untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa Bidikmisi seluruh Indonesia, meningkatkan prestasi mahasiswa Bidikmisi Nasional, dan memediasi kontribusi mahasiswa bidikmisi dalam meningkatkan budaya Nusantara menuju menuju Indonesia Emas.

Rektor UBB Muh Yusuf selaku tuan rumah merasa senang dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta Gembira yang hadir untuk memeriahkan dan mensukseskan kegiatan ini.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur dan jajarannya atas penyambutan dan jamuan makan malam yang sudah difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Babel," katanya.

Selain itu, Muh Yusuf menjelaskan, program Kemenristek Dikti melalui beasiswa Bidikmisi diharapkan dapat menjaring calon-calon mahasiswa yang memiliki prestasi yang cukup tinggi dan berprestasi, sehingga diharapkan bisa menjadi generasi muda dan penerus bangsa yang bisa memberikan subangsih untuk kemajuan Indonesia yang lebih makmur.

“Saya juga berpesan kepada adik-adik sekalian bahwa yang harus dipikirkan adalah bagaimana adik-adik nanti lulus, ini yang harus dipikirkan. Tentu sudah harus dipikirkan untuk membuat komunitas jejaring komunikasi, dengan adanya komunitas dan komunikasi yang baik, tentu ada namanya saling tukar informasi, saling tukar pengalaman dan pengetahuan, termasuk mungkin bisa dijadikan sarana untuk memperoleh informasi tentang lapangan pekerjaan, keterampilan, dan lainnya,“ pesan Rektor UBB.

Sementara itu, Wakil Gubernur H. Abdul Fatah, dalam sambutannya mengapresiasi UBB dalam pelaksanaan kegiatan Gembira ini, momen yang baik dan sekaligus dapat memperkenalkan Pariwisata Babel, dan segala potensi yang dimiliki Babel kepada para peserta Gembira, serta saling berbagi informasi dengan keunggulan lokal masing-masing bagi para peserta. Ia juga yang telah menyiapkan dirinya

“Saya juga mengapresiasi tinggi kepada UBB yang telah menyiapkan diri untuk menerima mahasiswa Bidikmisi Nusantara tahun 2018. Gebyar mahasiswa seperti ini memang sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi sesama mahasiswa, dan sebagai wahana kita bertukar pandang, tukar wawasan, serta sekaligus menjadikan Babel lebih dikenal,” ungkapnya.

Diakhir acara para tamu undangan diajak untuk mencicipi makanan lokal/khas yang telah dibawa oleh masing-masing peserta kegiatan Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara dari daerahnya masing-masing, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help