90 Persen dari Beberapa Peserta Pilkada Akan Jadi Tersangka oleh KPK

Ketua KPK Agus Rahardjo membeberkan, sebanyak 90 persen dari beberapa peserta pilkada serentak tahun ini akan menjadi tersangka.

90 Persen dari Beberapa Peserta Pilkada Akan Jadi Tersangka oleh KPK
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Ketua KPK Agus Rahardjo (kiri) memberikan keterangan pers di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (14/7/2017). Keterangan pers ini berkaitan dengan aksi massa yang menyuarakan penolakan terhadap digulirkannya hak angket DPR terhadap KPK. 

BANGKAPOS.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo membeberkan, sebanyak 90 persen dari beberapa peserta pilkada serentak tahun ini akan menjadi tersangka.

"90 persen dari beberapa peserta ya, bukan dari semua peserta pilkada. Hanya beberapa saja, seperti petahana atau yang anggota keluarganya ikut maju," kata Agus saat sambutan di Rakernis Bareskrim Mabes Polri di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Agus tidak menyebut berapa banyak total pasti calon kepala daerah yang akan menjadi tersangka di KPK. Namun, Agus menguraikan, sebagian besar calon itu bertarung di Jawa dan Sumatera.

"Lebih banyak di pilkada di Jawa dan Sumatera. Ada sebagian di Kalimantan," paparnya.

Agus berharap, KPK dapat mengumumkan lebih awal status tersangka kepada para calon kepala daerah yang diduga tersangkut kasus korupsi. Kalau bisa, kata Agus, sebelum pemilihan berlangsung.

"Supaya masyarakat mengerti kalau dia terkena kasus korupsi. Sehingga, tidak perlu dipilih dan masyarakat tidak kecewa atas pilihannya nanti," tutur Agus

Editor: Evan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help