2 Kabupaten Belum Dapat Transferan Dana Desa, Kadis PMD Babel Beberkan Penyebabnya

Dua kabupaten yang belum mendapatkan transfer dana desa tahun 2018 lantaran kabupaten belum menyampaikan peraturan Bupatinya ke pemerintah pusat.

2 Kabupaten Belum Dapat Transferan Dana Desa, Kadis PMD Babel Beberkan Penyebabnya
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yuliswan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Babel, Yuliswan menyebutkan dua kabupaten yang belum mendapatkan transfer dana desa tahun 2018 lantaran kabupaten belum menyampaikan peraturan Bupati ke pemerintah pusat.

"Yang sudah masuk itu 4 Kabupaten, tapi dua hari lalu yang Bangka Selatan sudah ditransfer pusat, Bangka Barat sekarang sedang dalam proses. Untuk tahap I ini kan kuncinya peraturan Bupati, kalau peraturan Bupati belum disampaikan ke pusat, belum ditransfer oleh pusat," kata Yuliswan, Kamis (8/3/2018).

Baca: Pencairan Tahap 1 Dana Desa, Bangka Tengah Paling Besar

Yuliswan menyebutkan pihaknya sejak tanggal 26 Februari lalu sudah melayangkan surat mengingatkan kepala daerah, agar segera menyampaikan peraturan Bupatinya untuk pencarian dana desa tahap I.

"Kami sebelumnya ingatkan kepada para bupati tanggal 26 feb melalui surat, dalam rangka percepatan penyaluran dana desa dari RKUN ke RKUD jangan ada yang lengah untuk menyiapkan perbubnya. Syarat pertama harusnya peraturan bupati," katanya.

Menurutnya, provinsi terus mendorong agar Bupati juga turut memonitoring realisasi dana desa, sehingga ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dampaknya.

"Kami Provinsi hanya bisa mendorong dan melakukan monitoring maupun pendampingan, tapi yang punya wilayah kan Kabuapten. Ini yang kita harapkan kepala daerah juga harus optimal untuk mendorong dana desa ini," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help